Description

Cara Mengatasi Windows 10 Error

Cara memperbaiki windows 10 error
Cara memperbaiki windows 10 error

BerkatnewsTV. Sebagai pengguna Windows 10, menjalankan pembaruan sistem merupakan hal yang wajib dilakukan. Dengan menjalankan pembaruan, Anda mendapatkan perbaikan atas bugs yang terjadi pada versi sebelumnya.

Namun, pembaruan terkadang justru dampak buruk apabila Windows Update tidak berjalan dengan lancar. Entah karena faktor internet, spesifikasi perangkat, atau mungkin faktor eksternal lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan mengatasi Windows 10 error. Berikut ulasannya.

  1. Periksa ruang penyimpanan Anda

Untuk mencegah terjadinya error setelah update Windows, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kapasitas penyimpanan komputer/laptop. Mengapa demikian? Windows Update membutuhkan ruang kosong supaya instalasi berlangsung dengan lancar tanpa kendala. Selain itu, perhatikan juga koneksi internet tetap stabil dan lancar tanpa ada masalah sama sekali.

Ketika masalah ini muncul biasanya ditandai dengan beberapa kode error, misalnya seperti 0x80070070 – 0x50011, 0x80070070 – 0x50012, 0x80070070 – 0x60000. Maka dari itu sangat disarankan untuk menyisakan ruang kosong pada drive C minimal 20% dari total kapasitas penyimpanan. Paling tidak sekitar 16GB untuk OS 32-bit, dan 20 GB untuk OS 64-bit. Dengan begitu, kendala ini tidak akan muncul kembali.

  1. Hapus file instalasi pembaruan

Cara termudah yang perlu Anda lakukan adalah menghapus file instalasi yang bermasalah dan melakukan update ulang. Umumnya kesalahan ini diakibatkan karena gangguan koneksi internet, sehingga tidak menutup kemungkinan kalau file instalasi rusak. Berikut cara menghapus instalasinya.

• Pertama, silakan klik ikon Start menu » pilih Settings » Update & Security.
• Jika sudah, klik View update history » Uninstall updates.
• Setelah itu pilih pembaruan yang ingin dihapus, lalu klik Uninstall.
• Selesai.

Catatan : Ketika Anda mendapati pembaruan yang tidak bisa dihapus, artinya pembaruan tersebut bersifat wajib dan tidak bisa di uninstall.(*)