Description

Pentingnya Minat Baca dan Literasi Budaya Bagi Anak

Ketua TP PKK Ketapang Elisabeth Bety Martin saat menghadiir Lomba Bercerita yang dikuti 17 anak perwakilan dari 17 kecamatan di Kabupaten Ketapang, Rabu (3/5)
Ketua TP PKK Ketapang Elisabeth Bety Martin saat menghadiir Lomba Bercerita yang dikuti 17 anak perwakilan dari 17 kecamatan di Kabupaten Ketapang, Rabu (3/5). Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Sebanyak 17 anak perwakilan dari 17 kecamatan di Kabupaten Ketapang mengikuti lomba bercerita.

Ketua TP PKK Ketapang Elisabeth Bety Martin menilai Lomba Bercerita ini untuk contoh bagi orang tua kepada anak-anaknya tentang minat membaca. Sebab dengan orangtua senang membaca dengan otomatis akan ditiru oleh anak-anaknya.

“Kalau ibu sering membaca dan menunjukan kepada anak dengan otomatis anak akan menirunya, jika kebiasaan anak setiap hari untuk membaca buku yang mereka sukai maka anak dengan sendirinya akan terbiasa dan gemar membaca,” ujarnya, Rabu (3/5).

Baca Juga:

Menurutnya pentingnya budaya literasi dalam peningkatan karakter pada setiap orang, dikarenakan pembentukan masing-masing karakter setiap orang sangat penting bagi lingkungan sekitarnya.

“Melalui budaya literasi dapat meningkatkan karakter setiap manusia, karakter merupakan ciri khas yang dimiliki oleh tiap-tiap orang yang menyangkut kepribadian sikap dan tingkah laku terhadap lingkungan dan sekitarnya,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Ketapang Yulianus mengatakan Lomba Bercerita kolaborasi dengan PKK Ketapang.

“Kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang, yang masuk kedalam program kerja Tim PKK Pokja II yang telah bekerjasama dan bersinergi dalam menumbuh kembangkan minat baca,” ujar.(naf)