Description

Fasilitas Pendidikan Belum Merata Hingga Pelosok

Ketua DPC Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Ketapang, Hakim Surya Putra
Ketua DPC Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Ketapang, Hakim Surya Putra

Ketapang, BerkatnewsTV. Harus diakui fasilitas pendidikan hingga kini belum merata menyentuh hingga ke pelosok daerah, termasuk di Kabupaten Ketapang.

Menerut Ketua DPC Generasi Digital Indonesia (Gradasi) Ketapang, Hakim Surya Putra pemerintah daerah harus fokus kepada ketersedian fasilitas penunjang proses belajar mengajar murid dan guru di sekolah mengingat kondisi fasilitas di daerah pelosok Ketapang sangat memprihatinkan.

“Fasilitas belajar mengajar di sekolah diharapkan tidak hanya berfokus di wilayah perkotaan saja, tetapi juga sampai ke pelosok-pelosok desa. Mereka juga berhak mendapatkan lingkungan dan gedung sekolah yang nyaman dan aman,” tegasnya saat upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Selasa (2/5).

Baca Juga:

Selain itu ia juga menyoroti kondisi guru honorer di Ketapang karena masih ada guru yang statusnya bukan tenaga honor daerah, yaitu masih honor sekolah.

Guru- guru honorer yang sudah memiliki kualifikasi menjadi PPPK perlu disediakan formasi menjadi PPPK di tahap-tahap selanjutnya.

“Permasalahannya, memang masih ada guru-guru honorer atau kontrak yang belum berkesempatan menjadi PPPK karena belum berijazah S-1 pendidikan atau tidak linier dengan bidang mengajarnya. Selain guru yang bersangkutan harus meningkatkan kualifikasi diri, peran peran pemerintah daerah sangat penting untuk mengalokasikan formasi guru untuk tahap berikutnya,” jelasnya.(naf)