Description

Makanan Khas Idulfitri Dari Dulu Sampai Sekarang

Makanan khas Idulfitri dari dulu sampai sekarang
Makanan khas Idulfitri dari dulu sampai sekarang. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Satu hal yang paling ditunggu dalam momen Lebaran yakni mencicipi makanan khas Idulfitri. Ada banyak makanan untuk menyambut sanak keluarga.

Makanan khas Idulfitri apa saja yang menjadi primadona dari dulu sampai sekarang? Berikut ulasannya.

Opor Ayam

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam terdiri dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan ditambah dengan berbagai bumbu lain seperti serai dan kencur.

Rendang

Makanan yang tak boleh dilewatkan saat Idul Fitri adalah rendang. Umumnya, rendang dibuat dengan daging sapi, santan, dan rempah-rempah. Namun, rendang bisa juga dibuat dari daging ayam, paru, jamur, dan bebek. Namun memang, proses memasak rendang memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam).

Ketupat

Idul Fitri atau Lebaran rasanya kurang afdhal kalau tanpa ketupat. Ketupat terbuat dari bahan utama beras/pulut yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa berbentuk persegi. Ketupat biasanya dihidangkan bersama makanan lainnya seperti opor, sambal goreng ati, atau semur.

Rengginang

Makanan ini sudah tidak asing didengar di telinga Anda. Makanan khas Jawa ini terbuat dari nasi kering atau beras ketan. Rasanya juga bervariasi, mulai dari manis, asin, dan udang maupun terasi.