Description

Cara Memilih Daging Sapi Berkualitas Untuk Lebaran 2023

Memilih daging sapi berkualitas untuk lebaran 2023
Memilih daging sapi berkualitas untuk lebaran 2023. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Menjelang Hari Raya Idulfitri, umat muslim pasti ramai-ramai berbelanja ke pasar untuk membeli bahan makanan, salah satunya rendang dari daging sapi. Tetapi, Anda juga harus pandai-pandai memilih daging sapi yang berkualitas.

Sebab, mengonsumsi daging sapi yang tidak segar bisa memicu masalah kesehatan dan keracunan makanan. Tapi, bagaimana cara memilih daging sapi yang berkualitas untuk lebaran tahun 2023

Langkah Memilih Daging Sapi Berkualitas Untuk Lebaran 2023

Tentukan bagian daging yang akan diolah

Beda masakan, beda pula potongan daging yang akan digunakan. Itu mengapa, Anda harus memilih bagian daging sapi yang akan diolah dengan benar. Dengan begitu, Anda dapat menciptakan olahan masakan yang nikmat.

Perhatikan warna daging sapi

Daging sapi segar memiliki daging berwarna merah cerah, mengkilap, dan tidak pucat. Hindari memilih daging sapi yang berwarna pucat, dan berwarna keabu-abuan. Perubahan warna daging menunjukkan kualitas daging sapi sudah menurun, akibat terpapar udara luar terlalu lama.

Perhatikan serat daging

Memerhatikan serat daging sapi tidak hanya berfungsi untuk mengecek tingkat kealotan daging tersebut. Namun, juga berfungsi untuk memastikan daging sapi dalam kondisi segar dan berkualitas baik. Daging sapi yang segar memiliki serat daging yang tampak halus, serta tidak pucat dan kotor.

Cium aroma daging

Cara memilih daging sapi segar berikutnya mencium aroma daging sapi yang akan dibeli. Daging sapi segar memiliki aroma khas yang masih segar. Saat dihirup, Anda akan mencium aroma khas “sapi” yang tergolong normal dan tidak menusuk hidung.

Tekstur tidak lembek

Daging sapi segar memiliki tekstur daging yang padat dan kenyal. Meskipun ditekan dengan keras, nantinya permukaan daging sapi segar dapat kembali ke posisi awal dengan cepat.

Tidak mengandung air

Daging yang mengandung banyak air menandakan jika daging tersebut berasal dari sapi gelonggongan. Biasanya, daging sapi gelonggongan memiliki rasa yang hambar dan tidak gurih.

Cara membedakan daging sapi segar dan daging sapi gelonggongan sangat sederhana. Cukup tekan daging sapi secara perlahan. Apabila tekstur daging cenderung lembek, tidak kenyal, dan mengeluarkan banyak air. Maka, bisa dipastikan daging tersebut berasal dari daging sapi gelonggongan.(*)