Description

Mengatasi Pertanyaan Tidak Nyaman dari Keluarga Saat Lebaran 2023

Mengatasi Pertanyaan Tidak Nyaman dari Keluarga Saat Lebaran 2023
Mengatasi Pertanyaan Tidak Nyaman dari Keluarga Saat Lebaran 2023. Desain ilustrasi fot berkatnewstv

BerkatnewsTV. Lebaran adalah momen berkumpul dengan keluarga besar yang sangat jarang terjadi. Itulah kenapa, banyak anggota keluarga yang sudah lama tidak bertemu jadi kepo soal hidup kita.

Parahnya, pertanyaannya sangat tidak nyaman seperti “kapan nikah”, “kapan punya anak”, “kapan kaya”, dan lain sebagainya. Terkadang sulit kita memikirkan bagaimana mengatasi pertanyaan tidak nyaman dari keluarga seperti itu.

Tapi jangan khawatir. Ada cara untuk mengatasi pertanyaan tidak nyaman dari keluarga pada saat lebaran. Penasaran? Berikut caranya.

Katakan Dengan Tegas Kalau Anda Tidak Nyaman Dengan Pertanyaannya

Daripada senyum-senyum saja, coba untuk tegas dari awal dan katakan bahwa Anda tidak nyaman dengan pertanyaan tersebut. Dengan begini, yang lain jadi merasa segan untuk bertanya lebih lanjut sehingga Anda bisa terhindar dari rasa tidak nyaman.

Jangan Emosi

Meski mungkin kelewatan, kita tentu tidak ingin menambah permusuhan di momen lebaran yang seharusnya bermaaf-maafan. Jadi, alangkah lebih baik untuk menambah kesabaran dan tidak langsung pergi begitu saja. Suasana juga akan jadi tidak enak jika kita marah dan emosi bahkan ngambek. Bersikaplah tegar dan tunjukkan kedewasaan.

Menyarankan Orang Tersebut Untuk Mendoakan yang Terbaik

Tambahkan juga kalimat bahwa Anda lebih membutuhkan doa mereka ketimbang pertanyaan yang tidak nyaman bahkan tidak ada habisnya. Katakan betapa lelahnya Anda dengan pertanyaan serupa, sementara yang Anda harapkan adalah doa dari orang terdekat. Jadikan itu sebagai senjata bagi Anda untuk membuat orang tersebut berhenti bertanya.

Hindari Melempar Pertanyaan yang Akan Menyakiti Orang Tersebut

Biasanya, kita akan terpancing untuk melemparkan pertanyaan yang tidak nyaman kepada orang yang bersangkutan. Jangan sampai Anda begini, ya. Sebab, itu bisa saja memancing permusuhan di momen di mana seharusnya Anda saling bermaaf-maafan. Meskipun Anda tersakiti oleh pertanyaannya, balik menyakiti tidak akan membuat dirimu merasa lebih baik.

Tidak Perlu Menghindari Kumpul Keluarga Karena Takut Ditanya

Jangan sampai Anda menghindari momen kumpul bersama keluarga. Biar bagaimanapun, mereka adalah orang yang memiliki hubungan darah dengan Anda. Justru, ketika Anda tidak hadir dan terus melewatkan kesempatan bertemu keluarga besar, mungkin Anda akan kehilangan kesempatan menciptakan momen indah bersama mereka. Sebab, kumpul keluarga bukan cuma soal mendapat pertanyaan yang tidak nyaman saja, ada juga kenangan manis yang sayang untuk dilewatkan.(*)