Description

Tips Mudik Lebaran 2023 yang Aman dan Nyaman

Tips Mudik yang Aman dan Nyaman Lebaran 2023
Tips Mudik yang Aman dan Nyaman Lebaran 2023. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Mudik Libur Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu terutama bagi yang tinggal jauh dari kampung halaman. Agar berjalan dengan lancar, butuh persiapan yang matang karena mudik memiliki risiko seperti kemacetan dan kecelakaan.

Tips Mudik Lebaran 2023 yang Aman dan Nyaman

Oleh karena itu, berikut beberapa tips agar perjalanan mudik libur nasional kali ini lebih aman dan nyaman.

Pilih Transportasi yang Nyaman

Ada beragam pilihan transportasi baik melalui darat, laut, maupun udara. Pilihlah transportasi yang nyaman. Karena jika transportasi nyaman, mudik pun akan terasa tenang bahkan ceria.

Rencanakan Perjalanan Dengan Matang

Buatl jadwal perjalanan dan pilih rute yang aman dan nyaman. Jangan lupa periksa kondisi kendaraan. Pastikan untuk membawa dokumen kendaraan dan SIM yang masih berlaku. Hindari berangkat pada hari-hari padat seperti H-1, hari H, dan H+1 Lebaran karena pasti macet parah. Lebih baik berangkat pada hari-hari yang lengang untuk menghindari kemacetan.

Istirahat yang Cukup dan Periksa Kesehatan

Istirahat yang cukup sebelum dan selama perjalanan. Jangan paksakan untuk terus berkendara jika merasa lelah. Berhenti dan istirahat sejenak jika mengantuk atau lelah. Saat mudik, kesehatan diri dan keluarga tetap perlu diperhatikan agar perjalanan mudik lebaran tetap aman dan nyaman.

Periksa Segala Barang Bawaan

Barang bawaan harus disiapkan jauh hari sebelum melakukan mudik lebaran. Penting untuk memeriksa segala barang bawaan yang diperlukan. Bahkan bila perlu, buat daftar barang yang diperlukan agar tidak ada yang tertinggal.(*)