Description

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat kesehatan bagi puasa
Manfaat kesehatan bagi puasa. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Sebagian orang mungkin menganggap puasa merupakan salah satu ritual yang dijalani untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi semata. Namun sebenarnya, puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja? Berikut manfaat puasa bagi kesehatan yang telah dikutip dari berbagai sumber.

Menurunkan berat badan

Penelitian menyebutkan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh ikut meningkat. Hal ini bisa membuat berat badan menurun. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari resiko obesitas.

Menjaga kesehatan jantung

Selama berpuasa, beberapa orang biasanya akan merubah pola makan menjadi lebih sehat, termasuk dengan mengurangi makanan tinggi lemak. Selain itu ada juga yang mungkin rutin mengonsumsi teh. Karena teh mengandung flavonoid yang baik untuk kesehatan.

Mengurangi risiko terkena diabetes

Salah satu manfaat lain berpuasa adalah menurunkan risiko diabetes. Hal ini berkaitan dengan efek puasa yang dapat merangsang perbaikan metabolisme tubuh dan meningkatkan kinerja insulin, yakni hormon yang mengatur kadar gula darah.

Mengurangi risiko munculnya kanker

Selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh termasuk sel-sel kanker akan berkurang akibat terbatasnya asupan nutrisi. Selain itu, metabolisme yang lebih baik juga diduga turut berperan dalam membuat sel kanker lebih susah tumbuh pada orang yang berpuasa.

Menjaga kesehatan mental

Tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Karena puasa dapat membantu menurunkan kadar hormon stres atau kortisol serta merangsang hormon endorfin yang baik untuk meredakan rasa cemas. Hal ini diduga berkaitan dengan efek puasa yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh.(*)