Description

2519 Vaksin Booster Gratis Untuk Jemaah Haji dan Umroh Kalbar

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat siapkan 2519 vaksin meningitis dan vaksin booster untuk para calon jamaah haji dan umroh.
Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat siapkan 2519 vaksin meningitis dan vaksin booster untuk para calon jamaah haji dan umroh. Foto: dian

Pontianak, BerkatnewsTV. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat siapkan vaksin meningitis dan vaksin booster untuk para calon jamaah haji dan umroh.

Menurut Kepala Bidang Pegendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Erna Yulianti, pihaknya mengalokasikan 2519 vaksin booster dan meningitis untuk digunakan para jemaah asal Kalimantan Barat.

“Kita melayani secara gratis, apabila ingin melaksanakan ibadah haji dan umroh bisa ke UPT Kesehatan Kerja Olahraga Masyarakat,” ucapnya, Kamis (6/4).

Baca Juga:

Erna mengakui ketersediaan vaksin covid hanya ada di Dinkes Provinsi Kalbar, untuk peserta umroh sedangkan vaksin meningitis akan diberikan ke para jemaah haji khusus sebelum ke tanah suci disejumlah Kabupaten/Kota.

“Kebanyakan jamaah haji kita ini memang sudah banyak yang divaksin tahap satu dan dua, hanya booster masih ada yang belum tervaksin,” katanya.

Pelayanan penyuntikan vaksin ini, jelas Erna juga dilakukan pihak swasta seperti Kimia Farma, Praktek pelayanan Kesehatan di daerah Kota Pontianak.

“Kita mendahulukan jemaah regular (umroh) sedangkan pihak swasta melayani untuk program ONH (Ongkos Haji Plus) atau khusus,” terangnya.

Sementara petugas Ukkom, Barjaniwarti menambahkan jam pelayanan vaksin pada hari kerja (senin-jumat) dari pukul 08.00 wib hingga 11.00 wib di komplek perkantoran Gubernur Kalbar. Penggunaan vaksin juga tidak dibatasi, bagi masyarakat yang membutuhkannya.

“Misalnya vaksin tahap satu, dua, dan booster. Walaupun tidak ditemukan lagi masyarakat yang ingin vaksin satu atau dua tetapi kita masih melayani,” ucapnya. (dian)