Description

PETI Akibatkan Air PDAM Bengkayang Keruh

Petugas gabungan sedang memeriksa jaringan PDAM yang rusak dan airnya keruh akibat aktivitas PETI di suber air bersih hulu intake Madi.
Petugas gabungan sedang memeriksa jaringan PDAM yang rusak dan airnya keruh akibat aktivitas PETI di suber air bersih hulu intake Madi. Foto: alex

Bengkayang, BerkatnewsTV. Warga Bengkayang banyak mengeluhkan air PDAM yang didistribusikan oleh Perumda Tirta Bengkayang hampir setiap hari kondisi keruh dan kotor.

Direktur Perumda Tirta Bengkayang Wardi mengungkapkan permasalahan itu dipicu adanya aktivitas Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di hulu sumber air bersih Intake Madi.

“Masalah ini sudah lama terjadi sejak bulan April 2020, kami sudah melaporkan masalah ini kepada Pemkab, Polres Bengkayang dan bahkan telah dibentuk tim terpadu dalam penanganan kasus ini,” ungkapnya saat pertemuan dengan jajaran Polres Bengkayang dan para pelanggan PDAM, Rabu (5/4).

Baca Juga:

Bahkan ia sebutkan penyelesaian dengan upacara adat sudah dilakukan namun PETI masih terus terjadi. Bahkan beberapa laporan sering dibuat dan disampaikan ke Polres Bengkayang dan beberapa temuan di lapangan yakni barang bukti telah diamankan bahkan penyergapan di TKP akan tetapi selalu gagal.

“Oleh karena itu kami berharap dengan pertemuan kali ini masalah PETI di Madi bisa segera diselesaikan agar dalam rangka puasa, paskah dan lebaran serta selama-lamanya kondisi air SPAM Madi bisa aman digunakan pelanggan,” harapnya.(lex)