Description

Mengatasi Insomnia Saat Berpuasa dan Menjaga Kualitas Tidur

Mengatasi insomania saat berpuasa dan menjaga kualitas tidur
Mengatasi insomania saat berpuasa dan menjaga kualitas tidur. desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Salah satu gangguan yang kerap dihadapi umat Muslim saat berpuasa adalah kurang tidur dan insomnia. Padahal mendapat kualitas tidur yang baik merupakan salah satu jalan membuat tubuh tetap bugar saat berpuasa. Jadi, bagaimana cara mengatasi insomnia saat berpuasa dan menjaga kualitas tidur?

Mengatasi Insomnia saat berpuasa dan kurang tidur

Jangan Tidur Siang Berlebihan

Tidur saat menjalani ibadah puasa memang bernilai ibadah. Hanya saja, lain ceritanya jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan. Dalam hal insomnia, tidur siang berlebihan justru akan membuat semakin sulit mengantuk dan berpotensi mengganggu rutinitas tidur di malam hari.

Hindari Kafein dan Nikotin

Kedua stimulan ini akan membuat Anda terjaga jauh lebih lama dari seharusnya. Jika tidak bisa menghindari konsumsi kafein seperti kopi, pastikan minum 5-6 jam sebelum tidur agar tidak memengaruhi jam istirahat.

Lakukan Olahraga di Sore Hari

Cara mengatasi insomnia saat bulan puasa yaitu dengan melakukan olahraga di sore hari. Anda bisa memilih olahraga yang ringan karena hal tersebut akan memberi tubuh cukup waktu untuk merasa rileks.

Jauhkan Gadget dari Jangkauan Saat Tidur

Cara atasi insomnia saat bulan puasa selanjutnya adalah menjauhkan gadget dari jangkauan saat tidur. Sebab, sedikit banyak gadget akan menurunkan kualitas tidur seseorang. Jika meletakannya dekat dengan tempat tidur bukan tidak mungkin Anda akan kesulitan untuk terlelap karena selalu ingin melihat gadget setiap hendak memejamkan mata.

Atur Pencahayaan Kamar Senyaman Mungkin

Tambah pencahayaan alami untuk kamar tidur Anda di siang hari. Buka gorden dan penutup jendela. Namun di malam hari, tutup semua jendela dan layar yang akan memancarkan cahaya. Jika Anda memiliki kebiasaan tidur dengan cahaya gelap maka matikan semua lampu satu jam sebelum tidur. Namun, jika Anda tidak cukup terbiasa tidur dengan lampu yang gelap, bisa menggunakan lampu tidur yang redup agar Anda merasa lebih rileks dan mudah terlelap dengan nyenyak.(*)