Description

Teknologi NFC dan Pemanfaatannya di Berbagai Situasi

Teknologi Near Field Communication dan pemanfaatannya di handphone.
Teknologi Near Field Communication dan pemanfaatannya di handphone. desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. NFC merupakan singkatan dari “Near Field Communication” atau bisa juga diartikan sebagai komunikasi medan dekat.

Fitur NFC membutuhkan dua perangkat yang masing-masing kompatibel. Satu bertindak sebagai transmitter dan satu lagi sebagai penangkap sinyal.

Ada dua jenis perangkat yang kompatibel dengan fitur NFC, yaitu perangkat pasif dan aktif.

Cara kerja NFC mirip seperti WIFI ataupun Bluetooth yang bertumpu pada suatu gelombang radio untuk mengirimkan frekuensi. Fitur NFC dapat digunakan untuk menginduksi arus elektrik di komponen pasig hanya untuk mengirimkan data.

Teknologi Near Field Communication juga tidak bisa mengisi daya antar perangkat. Walaupun begitu, teknologi power sharing atau berbagi daya dengan menempelkan dua perangkat tersebut menggunakan basis prinsip teknologi yang serupa dengan NFC Frekuensi yang bekerja saat mentransmisikan data melalui NFC sebesar 13,56 megahertz.

Artinya, suatu data dapat ditransfer dengan kecepatan mulai dari 106,212 hingga 424 kilobit per detik. Sebenarnya tergolong cukup cepat mengenai transfer data antar perangkat.

Masih banyak yang asing akan NFC ini sebab fungsinya masih bisa digantikan oleh Bluetooth. Tetapi terdapat keunggulan yang didapatkan salah satunya pada kegunaan konsumsi daya baterai.

NFC sangat sedikit mengkonsumsi daya baterai. kecepatan transfer data melalui NFC adalah 424 kilobit per detik. NFC juga membutuhkan jarak fisik yakni tidak boleh lebih dari 10 cm. koneksi NFC kurang dari 10 detik.(*)