Description

Tips Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Saat Berpuasa

Tips Menjaga Kesehatan dan Keselamatan saat berpuasa
Tips Menjaga Kesehatan dan Keselamatan saat berpuasa

BerkatnewsTV. Meskipun pandemi mulai agak mereda belakangan ini, tapi bukan berarti kita tidak waspada. Apalagi sesaat lagi, umat muslim akan melaksanakan ibadah Puasa Ramadan dan masih di tengah pandemi.

Tips Menjaga Kesehatan dan Keselamatan Saat Berpuasa

Jadi, bagaimana cara menjaga kesehatan dan keselamatan saat berpuasa di tengah situasi pandemi? Berikut ulasannya.

Konsumsi Makanan Bergizi saat Sahur dan Berbuka Puasa

Mengkonsumsi makanan bergizi adalah kunci menjaga kebugaran tubuh saat puasa di tengah pandemi Covid-19, hal ini bisa kita terapkan pada saat sahur dan berbuka puasa. Sebisa mungkin kita tidak boleh melewatkan makan di waktu sahur, karena hal ini akan mengakibatkan tubuh jadi lemas dan tidak bugar sepanjang hari.

Penuhi Kebutuhan Air

Untuk menghindari dehidrasi kita harus tetap memenuhi kebutuhan air saat puasa, yaitu 8 gelas sehari, agar tubuh tetap bugar. Kita bisa melakukannya ketika sahur, berbuka puasa, dan menjelang tidur untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Hal ini juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh selama pandemi Covid-19.

Kurangi Konsumsi Gula

Mengonsumsi gula secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh, karena dapat menyebabkan diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit jantung. Cobalah untuk mengurangi asupan gula di bulan puasa ini, demi sistem imun tubuh yang tetap baik dan terjaga.

Lengkapi Nutrisi dengan Multivitamin

Mengonsumsi multivitamin saat puasa bisa membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh dan dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kandungan mineral dari multivitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas.

Berolahraga

Tidak ada larangan untuk tetap melakukan olahraga saat menjalankan puasa. Hanya saja Anda perlu pilih waktu yang tepat. Di bulan Ramadan ini kita bisa melakukan olahraga yang tidak terlalu berat, asalkan badan tetap berkeringat dan bergerak.

Tidur Cukup

Tidur juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh saat puasa. Pastikan kita mendapatkan durasi tidur selama 6-8 jam sehari agar tidak mudah lelah saat puasa dan selama Covid-19.(*)