Description

Cara Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa. Tips dan Saran dari Ahli Gizi

Cara menjaga kesehatan saat berpuasa. Ini tips dan saran dari ahli gizi.
Cara menjaga kesehatan saat berpuasa. Ini tips dan saran dari ahli gizi. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Selama berpuasa, umat muslim tidak makan dan minum selama 11 hingga 20 jam, tergantung lokasi dimana kita berada. Menjaga kesehatan saat berpuasa sangat lah penting agar tetap segar.

Oleh karena itu, tubuh kita cenderung mendapatkan asupan gizi lebih sedikit dibandingkan hari-hari biasanya. Padahal, kita membutuhkan gizi dan aktivitas fisik yang cukup agar dapat tetap menjaga kesehatan saat berpuasa.

Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa. Tips dan Saran dari Ahli Gizi

Bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan saat berpuasa? Selama berpuasa, penting untuk kita untuk tetap menerapkan pola hidup yang sehat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan kita untuk melakukan beberapa hal dibawah ini:

  1. Tetap Terhidrasi

Minum banyak air dan makan makanan yang mengandung air saat sahur atau ketika buka puasa. Minumlah setidaknya sekitar 10 gelas per hari.

  1. Makan Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang Saat Buka Puasa

Konsumsi kurma untuk berbuka puasa adalah sebuah cara tradisional yang sehat untuk memulai buka puasa. Kurma merupakan sumber serat yang sangat baik. Batasi konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng serta makanan olahan yang mengandung tinggi lemak atau gula.

  1. Jangan Lewatkan Waktu Sahur Anda

Makan sahur akan memberikan energi sepanjang hari hingga buka puasa, jangan lewatkan waktu makan Anda ketika sahur. Hidangan yang dikonsumsi saat sahur perlu menyertakan sayuran, karbohidrat, serta makanan yang kaya protein seperti produk susu atau telur.

  1. Batasi Konsumsi Gula, Lemak, dan Garam

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat berbuka puasa. Sebagai penggantinya, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang mengandung air seperti semangka atau melon, serta buah-buahan lain yang mudah Anda dapatkan.

  1. Tetap Aktif Selama Bulan Puasa

Usahakan untuk tetap aktif selama bulan puasa dengan melakukan aktivitas fisik ringan. Cobalah untuk bergerak sebanyak mungkin dan tetap aktif setelah berbuka puasa, misalnya dengan berjalan kaki rutin setiap hari.(*)