Umat Hindu Kalbar Ritual Melasti di Pantai Samudera

Menyambut hari raya Nyepi, ratusan umat Hindu Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar upacara ritual Melasti di Pantai Samudera Indah Tanjung Gundul Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang, Senin (20/3).
Menyambut hari raya Nyepi, ratusan umat Hindu Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar upacara ritual Melasti di Pantai Samudera Indah Tanjung Gundul Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang, Senin (20/3). Foto: tmB

Bengkayang, BerkatnewsTV. Menyambut hari raya Nyepi, ratusan umat Hindu Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar upacara ritual Melasti di Pantai Samudera Indah Tanjung Gundul Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang, Senin (20/3).

Ritual Melasti atau penyucian alam semesta ini dipimpin langsung Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kalbar Ida Sri Resi Dukuh Putra Bandem Kepakisan yang juga merupakan Pendeta Hindu di Kalbar.

Berbagai perlengkapan dan sesajian telah dipersiapkan sejak dari Pura Giri Mulawarman di Kabupaten Kubu Raya seperti buah-buahan, makanan yang telah dihias dengan daun kelapa atau janur serta alat musik gamelan.

Sebelum diberangkatkan, Pendeta Hindu Ida Sri Resi Dukuh Putra Bandem Kepakisan melakukan doa-doa untuk kelancaran daripada acara.

Baca Juga:

Ritual Melasti ini mendapat pengamanan dari TNI/ Polri yang berjaga di sepanjang Pantai Samudera Indah.

“Pengamanan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat. Sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman melaksanakan ibadah,” kata Babinsa 1202/Sry, Sertu Sugiyanto.

Menurutnya, sebagai warga negara yang berbangsa dan bernegara, sudah sepatutnya kita harus mewujudkan toleransi antar umat beragama.

Ia tegaskan bahwa TNI diminta atau tidak diminta akan tetap siap melaksanakan pengamanan, baik itu keagamaan maupun kegiatan yang lain.

“Karena itu sudah menjadi tugas kami menjaga dan mengamankan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat,” ucapnya.

Ketua Panitia Ritual Melasti I Wayan Murdaya mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang membantu pengamanan sehingga ritual Melasti berjalan lancar.(tmb/uck)