Jejak Muda Dikuti Sutarmidji Siapkan USG Portable Cegah Stunting

Gubernur Kalbar Sutarmidji saat berkunjung ke Kabupaten Kapuas Hulu pada Senin (13/3) untuk menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat. Kesempatan itu Sutarmidji juga menjanjikan USG Portable untuk mencegah stunting pada ibu hamil
Gubernur Kalbar Sutarmidji saat berkunjung ke Kabupaten Kapuas Hulu pada Senin (13/3) untuk menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat. Kesempatan itu Sutarmidji juga menjanjikan USG Portable untuk mencegah stunting pada ibu hamil. Foto: tmB

Kapuas Hulu, BerkatnewsTV. Jejak Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyiapkan USG Portable untuk mencegah stunting diikuti Gubernur Kalbar Sutarmidji.

Sayangnya janji Sutarmidji menyiapkan USG Portable tersebut hanya untuk sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Nanti kami akan siapkan USG Portable di beberapa kecamatan yang ada di Kapuas Hulu. Ini agar kita dapat mendeteksi lebih cepat potensi – potensi stunting pada ibu hamil. Sehingga kita juga dapat mengantisipasi dan menangani stunting tersebut lebih dini. Yang jelas puskesmas harus ada,” tegasnya.

Janji itu disampaikan Sutarmidji saat menyerahkan bantuan paket sembako di Kecamatan Jongkong dan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu pada Senin (13/3).

Baca Juga:

Sutarmidji berharap Kabupaten Kapuas Hulu memberikan konsentrasi khusus pada penanganan stunting. Dan data stunting di Kapuas Hulu segera dipertegas sehingga langkah yang akan diambil tepat sasaran mengingat stunting di Kapuas Hulu meningkat tajam hingga 47 persen.

“Data stunting harus valid, by name by address. Saat ini angka stunting di Kapuas Hulu cukup tinggi, meningkat dari sebelumnya dan sekarang 47 persen. Ini harus menjadi perhatian khusus. Saya minta pak camat harus benar – benar serius menangani ini. Karena masih baru, konsentrasi program ke stunting saja. Hal ini karena aspek kesehatan bisa mempengaruhi daya saing daerah kita,” tegasnya.

Sebab disebutkan Sutarmidji aspek kesehatan sangat lah penting bagi IPM daerah. Jika stunting tinggi maka akan berpengaruh terhadap IPM di Kapuas Hulu.(tmb)