Tanah Bergeser 150 Meter, Rumah Warga Rawan Longsor Dibongkar

Tim gabungan bersama warga melakukan pembongkaran terhadap rumah warga pada Senin (13/3) lantaran dinilai berbahay dan rawan longsor.
Tim gabungan bersama warga melakukan pembongkaran terhadap rumah warga pada Senin (13/3) lantaran dinilai berbahay dan rawan longsor. Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Empat rumah Mungguk Malaria Kelurahan Tanjung Sekayam Kecamatan Kapuas dibongkar lantaran dinilai rawan longsor akibat terjadi pergeseran tanah.

“Rumah warga yang dibongkar ini memang kondisinya cukup parah dibandingkan yang lain,’ kata Sekretaris BPBD Sanggau, Budi Darmawan.

Description

Pembongkaran oleh tim gabungan pada Senin (13/3) itu melibatkan unsur instansi terkait dan TNI/ Polri dibantu masyarakat setempat.

Diungkapkan Budi, pergesaran tanah terjadi sepanjang 150 meter dengan keturunan tanah sekitar 1 meter lebih.

Baca Juga:

“Kami menindaklanjuti arahan pak Bupati yang meminta bangunan yang rawan longsor untuk dibongkar. Alhamdulillah yang ikut pembokaran ini luar biasa ramai, diluar prediksi kami, Dinas Instansi, TNI/Polri bersama warga sangat kompak ikut membantu pembongkaran,” ujar Budi.

Bagi warga yang terdampak longsor, BPBD menyiapkan tempat pengungsian sementara. Namun, belum ada korban yang bersedia mrngungsi ditempat yang disiapkan BPBD. Mereka lebih melilih mengungsi ketempat keluarga mereka.

“Kami sudah menyiapkan tempat pengungsian tapi hasil musyawarah dengan korban mereka lebih memilih ke tempat keluarganya,” jelasnya.(pek)

Description