Description

Cara Membuat Funspage Facebook di 2023

Cara Membuat Funspage Facebook di 2023
Cara Membuat Funspage Facebook di 2023. desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnwsTV. Bagaimana cara membuat funspage Facebook di tahun 2023 untuk bisnis? Bagaimana pula jika untuk organisasi, komunitas, atau sekadar fanspage meme? Bagaimana cara menghubungkan funspage Facebook dengan akun bisnis Instagram? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Simak sampai selesai, ya!

  1. Login Facebook Langkah pertama tentu kalian harus login ke akun Facebook. Masukan email atau username dan password kalian.
  2. Create page Di kanan atas, klik simbol plus (+) > page. Lalu beri nama, deskripsi, dan tentukan kategori fanspagenya. Lalu klik tombol create page. Oh ya, kategori fanspage Facebook itu banyak tapi tidak langsung ditampilkan.
  3. Tambahkan profil picture dan cover Setelah menekan tombol create page, akan muncul opsi untuk menambahkan foto profil dan foto cover.
  4. Posting pertama Pembuatan fanspage Facebook sudah selesai. Kini kalian tinggal mulai memposting informasi yang bermanfaat agar likersnya banyak.

Setelah funspage jadi kamu juga harus mengatur beberapa hal agar kalian terlihat lebih professional. Berikut ini merupakan tips agar mereka menyukai funspagemu.

  1. Mengubah username fanspage Pertama, kalian harus mengubah username fanspage agar orang lain bisa dengan mudah menemukannya. Caranya sebagai berikut
    • Di menu bagian kiri, klik edit page info.
    • Di bagian general, kalian akan menemukan kotak isian username. Isikan username yang merepresentasikan fanspage kalian. Lebih mudah diingat lebih bagus. Kalau username yang kalian pilih belum dipakai orang lain, akan muncul ceklis hijau; kalau sudah dipakai, akan muncul error.
    • Selesai.
  2. Menambahkan kontak, website, dan lokasi Kedua, jika kalian membuat fanspage Facebook untuk bejualan online, alangkah baiknya jika kalian mencantumkan email, nomor kontak, dan website toko online kalian. Jika kalian tidak ingin meng-input email dan nomor kontak, silakan dicentang pada bagian My page doesn’t have Terus lokasi. Nah ini penting. Jika kalian berjualan produk lokal, menambahkan lokasi toko bisa menjangkau orang-orang yang berada di daerah tersebut lebih cepat. Tapi kalau kalian tidak punya toko fisik dan hanya punya toko online, tidak diisi juga tidak apa-apa.
  3. Aktifkan similar page suggestions Opsi ini bisa kalian temukan di page settings > general. Dengan mengaktifkan opsi tersebut, Facebook akan merekomendasikan fanspage kalian ke orang-orang yang sering membaca informasi dengan kategori serupa. Misal kalian membuat fanspage tentang sepak bola, maka ada kemungkinan fanspage kalian ditampilkan ke orang-orang yang suka melihat informasi sepakbola di Facebook.
  4. Atur automated responses Automated responses adalah fitur yang memungkinkan fanspage kalian membalas chat secara otomatis. Hal ini akan membuat nilai fanspage kalian baik di mata Facebook, karena selalu membalas chat dengan segera. Misal ketika ada orang lain men-DM tentang produk yang kalian jual, “Min, produk A berapa harganya?”; fanspage kalian akan dengan segera menjawab, “Terima kasih sudah tertarik dengan produk kami, mohon tunggu sebentar kami akan cek terlebih dahulu.” Cara mengaturnya tinggal masuk ke inbox > automated responses.
  5. Tambahkan admin atau editor lain Mengurus fanspage itu tidak mudah. Apalagi ketika likersnya sudah mencapai ratusan ribu. Kalian perlu orang tambahan untuk ikut mengurus. Rekrutlah editor yang memiliki akses untuk posting, membalas komentar, dan membalas pesan. Caranya bisa masuk ke page settings > page roles.
  6. Hubungkan dengan Instagram Dengan menghubungkan fanspage kalian dengan Instagram, authority fanspagenya akan naik. Meskipun ini sekadar teori, tapi fanspage yang punya akun Instagram akan dikasih nilai plus oleh Facebook. Selain itu, jika kalian juga punya toko online di Instagram, menghubungkannya dengan fanspage akan membuat postingan saling terkait. Misal ketika kalian posting di Instagram, postingan tersebut akan muncul di fanspage secara otomatis.
  7. Hubungkan dengan WhatsApp Terakhir, hubungkan fanspage kalian dengan WhatsApp agar muncul tombol yang ketika diklik, akan langsung menuju chat ke nomor kalian. Fitur ini sangat bagus kalau kalian berjualan online di Facebook.

Itu tutorial cara membuat funspage dan sedikit trik agar funspage facebook semakin dikenal orang.(*)