Description

Evaluasi Efektivitas KTP Digital

Ilustrasi KTP Digital dan IKD

Jakarta, BerkatnewsTV. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mulai menerbitkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital sebagai pelengkap KTP elektronik fisik untuk memudahkan masyarakat dalam banyak urusan.

Namun Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk mengevaluasi efektivitas dari program KTP digital tersebut.

“Mengingat begitu luasnya wilayah Indonesia dan tidak semua penduduk memiliki smartphone untuk bisa membuat dan mengakses KTP digital,” katanya, Sabtu (18/2).

Baca Juga:

Bamsoet juga mengingatkan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri agar sebelum menerapkan program KTP digital, terlebih dahulu memperkuat sistem keamanan aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Ini dimaksudkan agar tidak terjadi kebocoran data pribadi ataupun mencegah upaya pembobolan data oleh hacker,” imbaunya.

Bamsoet berharap sebelum KTP Digital dan IKD diterapkan secara menyeluruh akan lebih baik memasifkan sosialisasi kegunaan maupun cara mengakses KTP digital.

“Sehingga masyarakat luas dapat mengetahui cara penggunaan aplikasi IKD, tujuan serta manfaat dari KTP digital dimaksud. Pasalnya, masyarakat belum banyak yang mengetahui dan memahami terkait program KTP digital tersebut,” pungkasnya.(tmB)