Description

MPR Desak PLN Penuhi Kebutuhan Listrik Masyarakat

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jakarta, BerkatnewsTV. Hingga kini masih banyak wilayah di Indonesia yang belum teraliri listrik, utamanya di wilayah perbatasan, terluar, terdepan, dan tertinggal sementara Indonesia sudah hampir 78 tahun merdeka.

Kondisi ini mendapat sorotan serius dari Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI yang mendesak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk dapat memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

“PT PLN hendaknya mendata dan memetakan wilayah-wilayah di Indonesia yang masih belum teraliri listrik hingga saat ini, agar dapat segera ditentukan wilayah prioritas yang harus dialiri listrik,” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam keterangan resminya, Sabtu (11/2).

Karenanya ia menekankan PT. PLN berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat agar memperjuangkan wilayah – wilayah yang belum teraliri listrik bisa segera dialiri listrik sehingga daerah tersebut bisa mendapat penerangan yang maksimal, dan dapat melakukan aktivitas lainnya yang memerlukan energi listrik.

Baca Juga:

“PLN cepat tanggap atau responsif terhadap permintaan dari pemerintah daerah terkait pengaliran arus listrik di daerah-daerah, serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, dikarenakan listrik menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat, sebab wilayah tanpa listrik dapat berdampak langsung pada ekonomi masyarakat,” tegasnya.

Bambang juga meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral/ESDM, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dan PT. PLN berkomitmen melakukan pembangunan jaringan listrik secara menyeluruh ke desa-desa dan wilayah yang belum tersentuh listrik.(tmb)