Description

Cara Menciptakan Kerukunan di Masyarakat

Cara Menciptakan Kerukunan di Masyarakat
Cara Menciptakan Kerukunan di Masyarakat. Desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Bagaimana cara menciptakan kerukunan? Sebelum itu, kerukunan adalah hidup damai dan tentram di masyarakat yang dapat ditimbulkan melalui toleransi, sikap saling menghormati dan menerima satu sama lain walaupun banyak perbedaan.

Hidup rukun tentu membuat kehidupan kita dalam bermasyarakat akan aman dan tentram. Jadi, berikut cara untuk menciptakan kerukunan dalam masyarakat.

  1. Saling Menghormati dan Menghargai

Caranya sangat sederhana, yaitu menyapa sesama tetangga saat bertemu di jalan. Agar tetangga kita bisa merasa dihargai dan dihormati, sapa mereka dengan ramah. Jika anda memang tidak bisa bersuara sama sekali (sakit tenggorokan), maka anda bisa tersenyum sambil menundukkan kepala sambil menatap mata mereka.

  1. Menjalin Persatuan dan Kesatuan

Bangsa Indonesia memang berbeda-beda, tetapi tetap satu. Oleh karena itu, jalinlah persatuan dan kesatuan dengan menghindari pemikiran maupun perbuatan SARA. Selain itu, terapkan toleransi antar suku maupun penduduk dengan kepercayaan yang berbeda.

  1. Mengutamakan Kepentingan Bersama

Agar tercipta kehidupan yang rukun, kita perlu mendahulukan kepentingan bersama daripada kepentingan individu. Hal ini dapat ditunjukkan dengan ikut bekerjasama atau gotong royong saat membangun suatu fasilitas masyarakat, seperti posyandu atau balai desa dan aktif di dalam kegiatan kerja bakti.

  1. Saling Menolong

Terakhir, kita juga bisa menolong tetangga yang sedang kesusahan dan yang sedang sakit dengan memberikan dukungan moril maupun materiil.

Sebagai bangsa yang besar dan beragam, maka kita harus menyikapi perbedaan dengan baik agar tercipta kerukunan dalam hidup berbangsa dan bernegara sesuai dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.(*)