Lomba Video Desaku Kenalkan Budaya Leluhur

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya M Ayub
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya M Ayub

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya menggelar lomba pembuatan video dokumenter tentang desaku.

Kepala Disdikbud Kubu Raya, M. Ayub mengatakan lomba bertujuan untuk memperkenalkan kembali budaya-budaya yang pernah menjadi ciri khas leluhur.

Lomba mulai dibuka 1 Febuari – 31 Maret, tahap penyeleksiaan video April-Mei dan diumumkan diawal bulan Juni mendatang.

“Adapun video bertemakan lisan berupa dongeng, cerita rakyat, sedangkan pengetahuan tradisional contohnya bisa pembuatan ramuan, resep makanan, serta pembuatan peralatan tradisional,” ujarnya. Selasa (31/1).

Baca Juga:

  • Implementasi Merdeka Belajar Lewat Kreatifitas Siswa
  • Petaka Lato – lato, Siswa Kubu Raya Dilarang Main di Sekolah

Produk video lainnya juga bisa berupa permainan tradisonal, olahraga, teknologi tradisional, kesenian, adat istiadat, ritual, hingga bahasa daerah cagar budaya. Persyaratan mengikuti perlombaan ini, kata ia khusus masyarakat yang berdomisili di Kubu Raya, dan video berfokus kepada satu unsur budaya berdurasi tujuh menit.

“Video yang dibuat bisa menggunakan smartphone (android) untuk dikirim melalui email budayakkr2021@gmail.com. Produk-produk yang sudah dikirim menjadi hak panitia untuk digunakan kemajuan Pemkab Kubu Raya,” jelasnya.

Ayub berharap momen ini dapat menjadi ruang bagi para penggiat budaya di Kubu Raya untuk beraktualisasi dan mempromosikan serta memperkenalkan budaya-budaya yang ada di desanya.

“Kita juga ingin semakin berkembangnya sastra pantun yang merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia,” harapnya.(dian)