banner 728x250

Tangkapan Nelayan Melimpah Setelah Cuaca Ekstrem

Nelayan di Sambas ketiban rejeki lantaran bisa meraup ikan yang melimpah hasil dari melaut setelah tidak melaut beberapa bulan akibat cuaca ekstrem
Nelayan di Sambas ketiban rejeki lantaran bisa meraup ikan yang melimpah hasil dari melaut setelah tidak melaut beberapa bulan akibat cuaca ekstrem. Foto: dra

Sambas, BerkatnewsTV. Nelayan di Sambas ketiban rejeki lantaran bisa meraup ikan yang melimpah hasil dari melaut.

Hasil ini tak disangka para nelayan sebab hampir setengah tahun tidak pernah melaut dikarenakan kondisi cuaca ekstrem. Kalau pun ada yang melaut tidak bisa terlalu jauh sehingga nelayan hanya bisa membawa pulang ikan segar senilai Rp200 ribu.

Akan tetapi, sejak seminggu terakhir rata rata nelayan bisa membawa pulang pendapatan bersih Rp1,5 juta – Rp2 juta sekali melaut.

“Alhamdulillah setelah sekian lama menganggur akhirnya sekarang bisa tidur nyenyak. Jumlah tangkapan juga lumayan banyak tanpa khawatir dihantam cuaca ekstrem saat melaut,” ungkap seorang nelayan Ryan ditemui di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Rabu (18/1).

Baca Juga:

Jenis ikan yang didapat seperti ikan tongkol, udang dan cumi. Ikan – ikan jenis ini umumnya mudah ditemukan di laut dangkal yang jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai.

Menerut Ryan, kondisi cuaca yang teduh seperti sekarang ini basanya terjadi dua kali dalam setahun namun tingginya hasil tangkapan tidak hanya ditentukan faktor cuaca akan tetapi juga faktor musim.

“Hasil tangkapan yang melimpah seperti sekarang ini biasanya tidak berlangsung lama, 3 atau 4 bulan berikutnya kembali menurun bukan faktor cuaca tapi musim,” pungkasya.(dra)