Description

Siswa Sanggau Dilarang Main Lato-Lato di Sekolah

Plt Kepala Dinas Dikbud Sanggau Alipius
Plt Kepala Dinas Dikbud Sanggau Alipius

Sanggau, BerkatnewsTV. Siswa di Sanggau dilarang membawa dan bermain lato-lato di sekolah. Larangan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sanggau itu berlaku untuk di seluruh satuan pendidikan, baik dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Kami memaklumi bahwa permaian lato-lato ini memang lagi viral dan disukai anak-anak, tapi memainkannya harus ada aturannya, tidak boleh di lingkungan sekolah,” kata Plt Kepala Dinas Dikbud Sanggau Alipius, Kamis (12/1).

Alipius menyampaikan alasan mengapa lato-lato dilarang dimainkan di lingkungan sekolah, karena dikhawatirkan menggganggu konsentrasi belajar siswa selama proses belajar mengajar.

“Kenyamanan dan ketenangan di sekolah juga jadi terganggu dengan suara atau bunyi dari bola lato-lato ini,” ungkapnya.

Baca Juga:

Meski secara formal pihaknya belum mengeluarkan surat edaran khusus pearangan membawa lato-lato ke sekolah, namun dijelaskan Alipius bahwa pihaknya secara informal sudah menyampaikan secara lisan kepada sekolah-sekolah untuk diteruskan ke peserta didik.

“Melalui rapat-rapat ataupun pertemuan dengan forum guru sudah kita sampaikan larangan ini. Hal ini juga sudah kami sampaikan ke pak Bupati. Kalau nanti memang diperlukan surat edaran khusus maka surat edaran tersebut bisa saja kami buatkan dengan berbagai pertimbangan,” ungkapnya.

Kepada para orang tua, Mantan Camat Kapuas itu mengingatkan agar mengawasi anak-anaknya saat bermain lato-lato di luar rumah.

“Kalau di sekolah bisa diawasi guru maupun tenaga pendidik yang lain, tapi kalau di rumah itu yang sulit. Orang tua harus lebih ekstra mengawasi, jangan sampai anak-anak kita cidera karena pernainan ini,” pungkasnya.(pek)