Description

Mengatasi Kamera Laptop Asus Tidak Berfungsi

Cara mengatasi kamera laptop asus tidak berfungsi
Cara mengatasi kamera laptop asus tidak berfungsi.desain foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Tidak dapat dipungkiri bahwa kamera laptop yang bermasalah bisa menghambat pekerjaan kita. Apalagi di dunia yang serba terkoneksi ini, tanpa keberadaan kamera laptop, rapat bahkan kelas online pun akan terhambat.

Tapi jangan terlalu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa anda coba di rumah untuk mengatasi kamera laptop ASUS yang tidka berfungsi.

Kenapa Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Ada berbagai alasan yang bahkan beberapa diantaranya tidak ada kaitannya dengan hardware yang rusak. Anda bisa memastikan beberapa hal di bawah ini sebelum menggantinya dengan yang baru.

  1. Pastikan kamera dalam keadaan aktif

Seringkali, kita memencet hotkey yang ada di keyboard sehingga hal tersebut menyebabkan kamera laptop tidak aktif. Tombol tersebut dibuat untuk mempermudah Anda mengaktifkan dan mematikan kamera laptop.

Anda bisa memencet tombol Fn dan huruf di keyboard yang memiliki ikon kamera. Dan setelahnya, Anda bisa membuka Settings lalu ke Privacy dan pilih Camera. Kemudian, nyalakan opsi “camera access for this device”.

  1. Cek driver

Seringkali, masalah kamera laptop yang tidak aktif mendadak berkaitan dengan aktivitas yang baru Anda lakukan, yaitu menginstal ulang Windows. Karena beberapa perangkat memang memiliki driver yang terpisah. Cara mencari driver adalah dengan memasukkan kata kunci “driver + merk laptop dan serinya”. Namun apabila Anda sudah menginstal driver dan kamera tetap tidak menyala, Anda harus memastikan apabila driver tidak bermasalah. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa diatasi dengan mengupdate driver.

  1. Ganti Hardware

Apabila cara-cara di atas masih belum efektif, walaupun tidak terlalu disarankan, mungkin sudah saatnya Anda harus ganti hardware. Mungkin memang terjadi kerusakan pada kamera sehingga memang tidak memungkinkan lagi untuk diganti. Untuk melakukannya, Anda sebaiknya pergi ke tempat servis profesional laptop ASUS.

  1. Gunakan Kamera Eksternal

Kelebihan menggunakan kamera eksternal adalah instalasi yang mudah dan berbagai pilihan tersedia di pasar. Harganya bahkan bisa relatif murah daripada mengganti hardware. Karena kamera webcam eksternal mengusung konsep plug and play, Anda tidak perlu repot-repot memikirkan cara bongkar kamera laptop sama sekali. Anda hanya perlu mencolokkan kabel dan perangkat akan terdeteksi dengan sendirinya.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi kamera laptop ASUS tidak berfungsi yang bisa Anda terapkan di rumah.(*)