Description

Cara Mengatasi Excel Not Responding di Windows 10/11

Cara mengatasi excel not responding di windows 10/11.
Cara mengatasi excel not responding di windows 10/11. desain ilustrasi foto berkatnewstv

BerkatnewsTV. Banyak sekali fungsi dari Microsoft Excel yang dapat membantu pekerjaan seperti mengedit, mengurutkan, menganalisis dan meringkas data.

Namun, seringkali ada beberapa masalah yang sering kita temui yaitu not responding. Hal ini pasti dapat menghambat pekerjaan apalagi kalau tidak terback up.

Cara mengatasi Microsoft Excel Not Responding

  1. Mulai Excel dalam Mode Aman (Safe Mode)

Mode aman salah satu cara untuk mengatasi Excel yang not responding. Anda dapat membuka Excel dalam safe mode dengan menekan dan menahan Ctrl saat memulai program.

  1. Instal Pembaruan Terbaru

Mungkin anda perlu mengatur pembaruan Windows untuk mengunduh secara otomatis dan melakukan install pembaruan yang disarankan. Meng-install rekomendasi penting dan pembaruan optimal seringkali dapat memperbaiki masalah satu ini dengan mengganti file yang kadaluwarsa dan memperbaiki kerentanannya.

  1. Perbaiki Masalah dengan Add-Ins

Masalah Add-Ins terkadang dapat mengganggu dan bertentangan dengan Microsoft Excel yang membuatnya menjadi not responding. Ada baiknya anda mulai Excel tanpa Add-In untuk melihat apakah masalahnya hilang, lakukan salah satu cara berikut ini:

• Jika menggunakan Windows 10 : Klik Start > All apps > Windows > System > Run > Type Excel / safe in the Run box, then click OK.
• Jika masalah sudah teratasi, Klik File > Opsi > Add-ins.
• Pilih Add-ins COM, dan klik Open.
• Kosongkan semua kotak centang dalam daftar, dan klik OK.
• Tutup Excel dan Restart Excel.

  1. Pastikan Excel Tidak Digunakan oleh Proses Lain

Jika Anda mencoba melakukan tindakan lain saat Excel sedang digunakan, Anda mungkin mengalami masalah Excel yang tidak merespons. Oleh karena itu, akhiri task yang sedang berjalan sebelum memulai task lain.

Itulah cara mengatasi Excel Not Responding di Windows 10/11. Semoga bermanfaat.(*)