Description

Penuhi Hak Dasar Disabilitas, Kubu Raya Diganjar Penghargaan Prakarsa Inklusi

Penghargaan Prakarsa Inklusi diserahkan langsung Ketua Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia (KND) RI Dante Rigmalia kepada Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bertepatan dengan Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) pada Rabu (28/12) siang.
Penghargaan Prakarsa Inklusi diserahkan langsung Ketua Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia (KND) RI Dante Rigmalia kepada Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bertepatan dengan Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) pada Rabu (28/12) siang. Foto: rio

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Kabupaten Kubu Raya diganjar penghargaan Prakarsa Inklusi yang dinilai komitmen memenuhi hak dasar kaum disabilitas.

Wakil Ketua KND RI Deka Kurniawan menyatakan penghargaan ini diberikan karena Kubu Raya telah mendukung Indonesia inklusi yang ramah terhadap kaum disabilitas dan telah menyelenggarakan satuan program dalam Rencana Aksi Daerah Penyandang Disabilitas (RADPD).

“Kami menilai Kubu Raya telah mengimplementasikan Undang-undang Nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas”, katanya.

Penghargaan diserahkan langsung Ketua Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia (KND) RI Dante Rigmalia kepada Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bertepatan dengan Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) pada Rabu (28/12) siang.

“Saya melihat Geoportal di Kubu Raya ini sudah sangat baik, karena sistem pendataannya sudah by name, by address, by titik coordinat, sehingga Pemkab Kubu Raya bisa memberikan bantuan dengan tepat sasaran”, kata Ketua Komisi Nasional Disabilitas Republik Indonesia (KND) RI Dante Rigmalia.

Menurutnya dengan terdatanya kaum disabilitas ke dalam sistem geoportal Kubu Raya ini maka pihaknya memberikan penghargaan Prakarsa Inklusi.

“Dengan sistem geoportal ini, Kubu Raya sudah menunjukan Inklusifitas, karena seluruh masyarakat termasuk disabilitas tidak tertinggal untuk di data sehingga kaum disabilitas merasa diakui dan diperhatikan oleh Pemkab Kubu Raya”, ucapnya.

Baca Juga:

Sementara itu, bupati Muda Mahendrawan mengatakan, apa yang dilakukan Kubu Raya selama ini merupakan bagian dari ide, inovasi dan memberikan peluang yang sama kepada masyarakat.

“Yang kita kerjakan selama ini semuanya serba spontanitas memberikan ide-ide, pelatihan bahasa isyarat dan melakukan langkah-langkah bersama OPD”, kata bupati Muda.

Ia menjelaskan, saat ini Kubu Raya telah melakukan Musrenbang bagi anak, perempuan dan disabilitas itu menjadi pemantik bagi semuanya untuk terus berbuat dan bertanggungjawab yang akan selalu kita bicarakan, isukan dan teriakan.

“Sehingga isu tentang disabilitas ini kita kepung bersama-sama melalui pelayanan perizinan, penguatan UMKM dan memberikan peluang-peluang agar bisa terus produktif”, jelas bupati Muda.

Pada momen Hari Disabilitas Internasional ini diserahkan juga penghargaan kepada atlet disabilitas yang berprestasi di tingkat internasional pada ASEAN Para Games di Solo pada 30 Juli sampai 6 Agustus 2022.(tmB)