Description

Waspada Banjir, Debit Sui Sekayam dan Sui Kapuas Naik

Debit air Sungai Sekayam dan Sui Kapuas mengakibatkan banjir melanda beberapa wilayah di Sanggau yang telah terjadi sejak Kamis (22/12).
Debit air Sungai Sekayam dan Sui Kapuas mengakibatkan banjir melanda beberapa wilayah di Sanggau yang telah terjadi sejak Kamis (22/12). Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Debit air Sungai Sekayam dan Sungai Kapuas terpantau naik 4 – 5 centimeter. BPBD mengingatkan kondisi ini harus diwaspadai warga Sanggau.

“Harus diwaspadai karena bisa saja debit air akan terus naik. Terjadi sejak Minggu (25/12) kemarin,” kata Kepala Seksi Pencegahan Bencana BPBD Sanggau Kristian Hendro, Senin (26/12).

Sejumlah wilayah yang mulai terdampak banjir yakni wilayah Kelurahan Sungai Sengkuang, Kelurahan Ilir Kota dan Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas.

“Wilayah ini memang langganan banjir, karena posisinya di pinggir sungai Kapuas dan sungai Sekayam. Untuk Ilir Kota terlihat di rawa bakti karena air sungai Kapuas masuk melalui gorong-gorong,” ungkap Hendro.

Baca Juga:

Meski hujan tidak turun langsung di Sanggau, Hendro mengingatkan kepada warga yang tinggal di bantaran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan. Hal itu mengingat kondisi air bisa saja naik secara tiba-tiba.

“Kita inikan menerima kiriman dari hulu, jika kita tidak waspada khawatirnya nanti air naik tiba-tiba barang-barang di rumah tidak sempat kita selamatkan. Kepada lansia dan anak-anak saya mengungatkan agar dipantau dan diawasi jangan dibiarkan main ke sungai sendirian tanpa ditemani,” pungkasnya mengingatkan. (pek)