banner 728x250

POR PAUD Bentuk Jiwa Sportivitas Anak

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka POR PAUD Kecamatan Sungai Raya di Sekolah Bina Bhakti Kubu Raya, Sabtu (3/12).
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka POR PAUD Kecamatan Sungai Raya di Sekolah Bina Bhakti Kubu Raya, Sabtu (3/12). Foto: rio

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Puluhan anak mengikuti Pekan Olahraga (POR) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Menurut Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan POR PAUD sangat tepat sebagai media pembentukan karakter unggul dan jiwa sportivitas anak.

“Pembentukan karakter dan moral anak di usia dini dapat dilakukan melalui berbagai macam cara. Salah satunya dengan membiasakan anak untuk mengikuti berbagai macam perlombaan olahraga maupun seni,” jelasnya saat membuka POR PAUD Kecamatan Sungai Raya di Sekolah Bina Bhakti Kubu Raya, Sabtu (3/12).

Adanya POR PAUD tambah Muda, tidak saja mengenalkan siswa pada kegiatan keolahragaan, namun juga mengajarkan anak untuk memiliki jiwa kompetisi yang sehat.

“Menerapkan kompetisi sambil bermain atau belajar bisa menumbuhkan jiwa sportivitas, percaya diri, ketangkasan, kecerdasan, dan kekompakan. Akhirnya membuat anak kreatif dan inovatif, memunculkan jati diri anak, dan bisa mengukur kemampuan belajar anak,” tuturnya.

Baca Juga:

Ia menyebut kompetisi sangat membantu anak dalam menumbuhkan jiwa sportivitas. Termasuk menerima kenyataan menang atau kalah dalam suatu perlombaan.

“Dengan kompetisi ini, anak dapat berusaha memecahkan masalah dan membantu dalam menumbuhkan sikap sportivitas termasuk menerima kemenangan dan kekalahan dalam sebuah kompetisi,” imbuhnya.

Lebih jauh Muda juga pengapresiasi panitia kegiatan yang telah menyiapkan sejumlah hadiah untuk para peserta POR PAUD. Menurut dia, penerapan kompetisi harus ditambahkan dengan dukungan dan motivasi seperti pemberian penghargaan kepada anak yang mengikuti kompetisi tersebut.

“Anak yang menang diberi hadiah dan anak yang kalah juga diberi reward motivasi seperti pujian agar tetap semangat dan percaya diri,” pungkasnya.(tmB)