Description

Janji Jarot Setelah Sintang Diganjar Penghargaan RTH

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto menyerahkan penghargaan kepada Bupati Sintang Jarot Winarno di ajang Ruang Terbuka Hijau (RTH) Awards 2022, Selasa (8/11) di Jakarta.
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto menyerahkan penghargaan kepada Bupati Sintang Jarot Winarno di ajang Ruang Terbuka Hijau (RTH) Awards 2022, Selasa (8/11) di Jakarta. Sumber foto Prokopim Sintang

Sintang, BerkatnewsTV. Pemkab Sintang mendapat penghargaan sebagai salah satu daerah komitmen terhadap Ruang Terbuka Hijau dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto di ajang Ruang Terbuka Hijau (RTH) Awards.

“Terpilihnya Sintang menunjukan komitmen dalam penyedian Ruang Terbuka Hijau,” kata Bupati Sintang Jarot Winarno.

Jarot menerima langsung penghargaan tersebut pada Selasa (8/11) di Jakarta dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang tahun 2022.

Dari seluruh kabupaten kota di Indonesia, hanya ada 5 daerah saja yang menerima RTH Awards 2022 yakni Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Kota Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan, Kabupaten Banyuwangi dan Lumajang Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Kita akan jaga bahkan tambah ruang terbuka hijau di tengah perkotaan ini. Meskipun ini tidaklah mudah karena membutuhkan lahan yang luas dan strategis. Perlu komitmen kuat bisa mewujudkan RTH secara ideal,” harapnya.

Baca Juga:

  • Korban Banjir di Sintang Mengungsi ke Dataran Tinggi
  • Banjir Landa Ambalau dan Serawai Hingga Atap Rumah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang Edy Harmaeni menanggapi kesuksesan Pemkab Sintang mengatakan penyediaan RTH sendiri merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Dalam regulasi tersebut, pemerintah harus menyediakan 20 persen RTH publik dan 10 persen untuk RTH privat.

“Amanat tersebut memang kita wujudkan secara bertahap. Kita sudah membangun Taman Entuyut, Taman Asoka, Taman Bungur, Taman Alun-Alun Kapuas Sintang, dan Taman Teratai. Dan komitmen kita adalah menjaga yang sudah ada ini, bahkan ke depan akan kita tambah lagi. Kita juga melihat antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan ruang terbuka hijau yang sudah kita bangun ini luar biasa tinggi,” katanya.

Pemkab Sintang juga sudah berkolaborasi dengan sekolah-sekolah yang ada dalam untuk mendorong agar setiap sekolah menjadi peserta sekolah Adiwiyata, syaratnya sekolah bisa mengembangkan halaman dan sekitar sekolah dengan taman dan ruang hijau sekolah.

Sekolah yang bersedia dan memenuhi syarat, kita bantu mereka dengan menyediakan dan menanam tanaman buah-buahan di sekolah. Dan kami bekerjasama IKAHUT, KPH dan anak-anak yang selama ini aktif di gerakan pramuka.(anty)