Description

Momen Sumpah Pemuda Bersatu Ditengah Perbedaan

Wakil Bupati Ketapang Farhan menyerahkan penghargaan kepada pemuda pelopor bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Jumat (28/10).
Wakil Bupati Ketapang Farhan menyerahkan penghargaan kepada pemuda pelopor bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-94, Jumat (28/10). Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Hari Sumpah Pemuda ke-94 dinilai sebagai momen bagi semua elemen bersatu ditengah perbedaan.

“Sumpah Pemuda memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” ujar Wakil Bupati Ketapang Farhan saat membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainuddin Amali diupacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94, Jumat (28/10).

Sejarah telah menjelaskan pilihan pemuda waktu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

Baca Juga:

“Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang,” ucapnya.

Pembentukan ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter mulia dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreativitas dan inovasi adalah pekerjaan utama yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia. Hanya bangsa yang tangguh yang mampu menjaga eksistensi bangsa dan memenangkan persaingan dalam kancah global yang semakin keras.

“Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan, baik pada level nasional maupun pada level internasional. Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang, namun kita juga khawatir bahwa pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan destruktif yang tidak menguntungkan,” terangnya.(naf)