Description

Manfaat Mengurangi Penggunaan Media Sosial

BerkatnewsTV. Di zaman moderen sekarang ini, media sosial berkembang dengan pesat. Bahkan banyak yang menggunakan media sosial sebagai tempat mencari nafkah.

Media sosial juga menjadi tempat orang-orang untuk menghibur diri setelah lelah melakukan aktivitas baik diluar atau didalam ruangan, penggunaan media sosial bisa membuat seseorang merasa segar kembali.

Tapi, jika penggunaan media sosial secara berlebihan bisa membuat hal yang buruk bagi kehidupan seseorang seperti tidak mau bersosialisasi di dunia nyata karena dunia maya lebih asyik.

Jika anda sudah kecanduan, media sosial memang punya banyak manfaat hanya saja jika berlebihan bisa jadi hal yang buruk.

Apa manfaat mengurangi bermain media sosial

  1. Hidup menjadi lebih tenang

Kadang hidup akan lebih tenang jika kita tidak selalu mengikuti perkembangan hidup orang lain. Karena kita sekarang dapat dengan mudah melihat aktivitas setiap orang melalui jejaring sosialnya. Hal itu bisa jadi menimbulkan kecemburuan dan kecenderungan untuk membandingkan hidup kita dengan orang lain. Oleh karena itu, mengurangi aktivitas media sosial kita sehari-hari dapat membuat hidup kita lebih damai.

  1. Dapat menekan biaya

Media sosial kini banyak digunakan sebagai tempat berjualan online. Dari pakaian, furniture, hingga bahan makanan dapat dengan mudah kita temukan secara online.

Sayangnya, Anda harus waspada, terutama jika Anda memiliki perilaku konsumtif. Kenyamanan ini bisa menjadi negatif jika Anda tidak menggunakannya dengan bijak, seperti memesan barang yang bahkan tidak Anda butuhkan atau mengetahui apa fungsinya.

Dengan mengurangi penggunaan media sosial bisa membuat Anda lebih sadar untuk hanya membeli apa yang Anda butuhkan dan tentu saja cara ini bisa menghemat uang Anda.

  1. Lebih bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar Anda

Ketika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan media sosial yang Anda miliki membuat Anda merasa lebih jauh dnegan kehidupan bersosialisasi. Dengan menjauh dari media sosial dan memperhatikan orang-orang di sekitar Anda seperti bertemu orang secara langsung dapat mencegah kesepian dan memperluas hubungan yang Anda miliki.

  1. Meningkatkan produktivitas

Terkadang kita ingin membuang waktu menggunakan media sosial. Jika kita tidak menyadarinya, hal itu dapat mempengaruhi pekerjaan yang kita lakukan.

Dengan mengurangi penggunaan media sosial, Anda dapat menyelesaikan lebih banyak hal dengan cepat dan optimal untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Itulah manfaat mengurangi media sosial yang bisa Anda terapkan agar kehidupan Anda bisa lebih produktif dan baik. Tetap semangat.(*)