Description

Status 100 Anak Telah Disahkan Pengadilan Negeri

Pasutri umat Budha saat mengikuti proses pelayanan dari Pengadilan Negeri Mempawah di Vihara Prajna Maitreya, Jumat (9/9).
Pasutri umat Budha saat mengikuti proses pelayanan dari Pengadilan Negeri Mempawah di Vihara Prajna Maitreya, Jumat (9/9). Foto: dian

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Dalam kurun waktu enam bulan terakhir di tahun 2022, lebih dari 100 anak telah mendapat pengesahan status hak anak dari Pengadilan Negeri Mempawah.

Pengesahan status hak anak ini diajukan oleh pasangan suami istri (pasutri) umat Budha yang selama ini perkawinannya belum tercatat di dalam hukum negara.

Pemkab Kubu Raya memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya pasutri umat Budha mengikuti pelayanan sidang di luar gedung Pengadilan Negeri secara gratis.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyatakan sejak dibukanya sidang diluar Gedung telah menyelesaikan 69 proses persidangan penetapan. Setidaknya 100 lebih anak mendapatkan status karena telah diputus pihak Pengadilan Negeri (PN) Mempawah.

“Kita sangat apresiasi rekan-rekan PN Mempawah mulai dari MoU kemarin, dan pelaksanaanya tetap konsisten. Melalui Disdukcapil Kubu Raya, bersama berupaya memberikan kepastian hukum kepada pasangan suami istri serta anak yang memberikan dampak ketenangan,” ucap Bupati Muda saat meninjau langsung pelayanan peradilan di Vihara Prajna Maitreya, Jumat (9/9).

Sidang diluar Gedung pengadilan ini, sebut Muda akan berkelanjutan disetiap hari Jumat dalam waktu dua pekan sekali sidang. Sebelum proses persidangan, pemohon akan diberikan layanan konsultasi terkait kelengkapan administrasi serta pedoman dalam persidangan.

Baca Juga:

“Dua Jumat sekali sudah dijadwalkan, kita juga apresiasi Lembaga keagamaan Walubi dan Permabudhi yang telah mendata-data umatnya untuk mengikuti persidangan,” terang Bupati Muda.

Sementara Ketua Pengadilan Negeri Mempawah, Imelda menyambut baik inovasi mengejar bola, yang ditetapkan Bupati Kubu Raya. Pada umumnya Hakim persidangan menunggu perkara di kantor Pengadilan, kali ini mendatangi masyarakat untuk memberikan pelayanan persidangan.

“Namun kita juga mengharapkan kepada seluruh pengguna layanan tetap menjaga ketertiban serta marwah pengadilan. Walau diluar Gedung Pengadilan, namun tempat ini berubah menjadi tempat peradilan. Dan tadi saya telah melihat pelaksanaannya sudah baik sekali,” pungkasnya.(dian)