Description

TNI AL Bersihkan Sampah Laut di Pantai Kinjil

Personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang melakukan pembersihan sampah laut yang bertebaran di Pantai Kinjil Kecamatan Benua Kayong
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang bersama Wakil Bupati dan Kapolres Ketapang melakukan pembersihan sampah laut yang bertebaran di Pantai Kinjil Kecamatan Benua Kayong, Rabu (7/9). Foto: naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang melakukan pembersihan sampah laut yang bertebaran di Pantai Kinjil Kecamatan Benua Kayong.

Pembersihan sampah laut ini bagian dari Gerakan Nasional Laut Bersih yang digelar serentak di seluruh Indonesia oleh TNI Angkatan Laut (AL).

“Gerakan ini tahap awal, untuk selanjutnya dimana pun kita berada akan melaksanakn pembersihan pantai, laut dan daerah pesisir. Banyak juga sampah kiriman tersapu ke pantai, kalau kita berhenti di sini saja dikemudian hari pantai-pantai akan kotor kembali,” tegas Komandan Lanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, Rabu (7/9).

Ia berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan pesisir pantai dengan hal yang paling kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuat polusi pada perairan dan laut.

“Mari bersama-sama menjaga pantai kita, laut kita salah satunya dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Apabila melihat ada sampah tidak usah disuruh lagi langsung kita buang pada tempatnya,” imbaunya.

Baca Juga:

Wakil Bupati Ketapang Farhan mengatakan kebersihan pantai merupakan tanggung jawab bersama dan seluruh lapisan masyarakat.

“Terutama yang ada di pesisir pantai, kebersihan laut dan pantai akan menjamin kehidupan dan ekosistem laut karena laut menjadi salah satu penghasilan masyarakat Ketapang,” ujarnya.

Farhan juga mengajak masyarakat untuk sadar akan pentingnya kebersihan pantai, hal ini diperlukan untuk menjaga ekosistem sehingga ketika mengkonsumsi hewan laut akan aman.

“Kesadaran kita untuk melakukan bersih-bersih di wilayah pantai dan laut dengan tujuan menjaga ekosistem, untuk menjaga kesinambungan kehidupan masyarakat sehingga nanti mengkonsumsi ikan, kerang ataupun biota laut lainnya aka naman dalam konteks kesehatan,” terangnya.

Gerakan Nasional Laut Bersih ini juga diikuti Kapolres Ketapang, pelajar dan sejumlah elemen masyarakat Ketapang.(naf)