Description

Infrastruktur Akses Tiga Desa Rusak

Akses infrastruktur dari Desa Mawang ke Desa Mengkiang dan Desa Kambong putus, terutama bagi kendaraan roda empat tidak bisa lagi lewat.
Akses infrastruktur dari Desa Mawang ke Desa Mengkiang dan Desa Kambong putus, terutama bagi kendaraan roda empat tidak bisa lagi lewat. Foto: pek

Sanggau, BerkatnewsTV. Akses infrastruktur dari Desa Mawang ke Desa Mengkiang dan Desa Kambong putus, terutama bagi kendaraan roda empat tidak bisa lagi lewat.

Kondisi ini dikarenakan jembatan Sepotae di Dusun Nyandang Desa Sui Mawang Kecamatan Kapuas kondisinya rawan kecelakaan. Jembatan sepanjang 8 x 4 meter semi belian itu terlihat lubang menganga.

“Sementara warga menutupnya dengan kayu agar bisa dilalui sementara oleh kendaraan roda dua,” ungkap Kepala Desa Sungai Mawang, Marsianus, Selasa (30/8).

Akibatnya tambah Marsianus, akses warga ke Desa Mengkiang dan Desa Kambong dan Desa Mengkiang ke arah PT. Finantara menjadi tergganggu.

Baca Juga:

“Jembatan ini satu-satunya akses, tidak ada lagi. Mau jual hasil bumi dengan kondisi jembatan begitu ya sulit,” ungkapnya.

Ia berharap pemda dapat segera melakukan perbaikan, mengingat keberadaan jembatab tersebut merupakan satu-satunya akses warga.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Sanggau John Hendri mengaku sudah mendapatkan informasi terkait kerusakan jembatan tersebut.

“Dua hari yang lalu kami sudah dapat informasinya. Kami juga sudah punya data lengkapnya,” katanya.

John Hendri mengakui bahwa stafnya sudah turun ke lapangan mengecek kondisi jembatan.

“Betul kata pak Kades Sungai Mawang, kondisi jembatannya memang sudah parah. Kami sudah kesana dan mengecek langsung. Inikan bencananya alam ya, jadi perbaikannya akan kita lakukan melalui APBD Kabupaten Sanggau tahun 2023,” janjinya.(pek)