Description

Data Pelanggan Indihome Diduga Bocor

Kebocoran data pelanggan Indihone ini diungkapkan pertama kali oleh Founder Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto yang juga merupakan Konsultan Keamanan Cyber ​​dan Anti-Pembajakan Lewat utas akun twitternya @secron
Kebocoran data pelanggan Indihone ini diungkapkan pertama kali oleh Founder Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto yang juga merupakan Konsultan Keamanan Cyber ​​dan Anti-Pembajakan Lewat utas akun twitternya @secron

Jakarta, BerkatnewsTV. Warganet tiba-tiba dikejutkan adanya kabar data pelanggan Indihome yang diduga bocor.

Kebocoran data pelanggan Indihone ini diungkapkan pertama kali oleh Founder Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto yang juga merupakan Konsultan Keamanan Cyber ​​dan Anti-Pembajakan.

Lewat utas akun twitternya, Teguh mengungkapkan sebanyak 26 juta browsing story yang dicuri bocor dan dibagikan secara gratis. Ternyata berikut dengan nama dan NIK.

“Tahun 2020 kemarin kita berhasil menekan @IndiHome untuk mematikan tracker milik mereka yang selama ini digunakan untuk mencuri browsing history milik pelanggan. Sekarang 26 juta browsing history yang dicuri itu bocor dan dibagikan gratis. Ternyata berikut dengan nama dan NIK,” tulis Teguh di akun twiternya @secgron dikutip Minggu (21/8).

Baca Juga:

Teguh juga menyertakan tangkapan layar kebocoran data pelanggan Indihome yang berisikan mulai dari tanggal, domain situs, jenis browser, link atau url, ip address.

Maupun user info yang berisikan alamat email, nama, jenis kelamin, dan NIK pengguna.

Sementara itu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dalam siaran persnya menyatakan sedang melakukan pendalaman terhadap dugaan insiden tersebut.

“Dan Kementerian Kominfo juga akan segera melakukan pemanggilan terhadap manajemen Telkom untuk mendapatkan laporan dan langkah tindak lanjut Telkom terkait dengan dugaan insiden,” tegas Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo RI Semuel A. Pangerapan dalam siaran persnya, Minggu (21/8).

Disamping itu tambah Semuel, Kementerian Kominfo akan segera mengeluarkan rekomendasi teknis untuk peningkatan pelaksanaan pelindungan data pribadi Telkom, dan di saat bersamaan berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).tmB)