Description

Lapas Ketapang Deteksi Kanker Serviks Napi Wanita

Petugas Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kanker serviks terhadap napi wanita di Lapas Kelas IIB Ketapang.
Petugas Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan kanker serviks terhadap napi wanita di Lapas Kelas IIB Ketapang. Foto: Naufal

Ketapang, BerkatnewsTV. Lapas Kelas II B Ketapang melakukan pemeriksaan dini kanker serviks kepada para narapidana (napi) wanita.

Kepala Lapas II B Ketapang Ali Imran menilai pemeriksaan kanker serviks sangat lah penting bagi kesehatan warga binaan atau napi wanita.

“Sangat penting bagi wanita karena kanker serviks ini dapat menyebabkan kematian,” katanya.

Selain itu juga juga dibuka Posko Vaksinasi Covid-19 bagi setiap pengunjung Lapas.

“Dikarenakan kunjungan tatap muka sudah mulai dilaksanakan, pengunjung harus sudah vaksin ketiga sehingga kami membuka Posko Vaksinasi booster,” jelasnya.

Baca Juga:

Dua agenda kegiatan tersebut dilaksakan pada Rabu (27/7) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Ketapang.

“Dengan melakukan pemeriksaan dini kita bisa mengetahui apakah ada bibit-bibit kanker. Apabila ada bibit kanker akan kita lanjutkan dengan kemoterapi atau terapi untuk membersihkan bibit-bibit kanker ini,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang Rustami.

Rustami juga menjelaskan kanker serviks di Kabupaten Ketapang sangat tinggi, kanker serviks masuk kedalam kategori kanker ganas yang menyebabkan kematian pada wanita usia muda.

“Kanker serviks pada ibu-ibu tinggi di Ketapang, kanker serviks itu jarang sekali tidak ganas dan bisa menimbulkan kematian pada wanita usia muda. Kanker serviks ini disebabkan oleh beberapa hal seperti pergaulan bebas, pernikahan dini dan gonta-ganti pasangan,” terangnya.(naf)