Description

Penilaian KLA Jangan Hanya Taman Bermain di Satu Tempat

https://berkatnewstv.com/2022/07/26/fad-kubu-raya-gelar-hari-anak-nasional/?swcfpc=1
Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya serta Ketua DPRD Kubu Raya menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) pada Selasa (27/7). Foto: dian

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengkritisi penilaian Kabupaten Layak Anak (KLA) hanya dari taman bermain semata di satu tempat.

Padahal, menurut Muda taman bermain sudah banyak juga tersebar di sejumlah desa yang ada di beberapa kecamatan.

“Pola penilaian terhadap kelayakan anak jangan hanya ada taman bermain untuk di suatu daerah. Misalnya kita buat taman main di Sungai Raya, inikan jauh dijangkau oleh desa-desa lain. Perspektif ini jangan disamakan ibu kota,” tegasnya.

Justru letak taman bermain ada di pengembangan desa wisata, seperti Equator Park Jeruju Besar, Hutan Albasia Rasau, Kebun Anggur wisata religus Ponpes Darul Fikri serta objek-objek wisata yang bersifat berbaur dengan alam sekitar.

“Cara menikmati taman bermain itu adanya campur tangan alam dalam mengedukasi anak,” jelasnya.

Baca Juga:

Itu disampaikan Muda usai menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang digelar Forum Anak Daerah 9FAD) Kabupaten Kubu Raya, Selasa (26/7) di Kantor Bupati Kubu Raya.

Oleh karenanya, Muda mendorong setiap desa memiliki inisiatif sarana ramah anak dalam rangka mendukung Kabupaten Layak Anak (KLA).

Menurutnya, sarana itu dapat dibagi dua antaranya bersifat berkolaborasi dengan desa bisa juga murni sarana taman bermain anak.

Adapun berkolaborasi itu berbentuk tempat pusat literasi, perpustakaan, sanggar-sanggar seni serta tempat yang memiliki sinergi dengan setiap element desa.

Sementara Ketua DPRD Kubu Raya Agus Sudarmansyah mendukung kebijakan Pemkab Kubu Raya untuk meningkatkan status Kabupaten Layak Anak yang dahulunya pratama menjadi madya.

Peningkatan status ini, sebut Agus tidak terlepas dengan adanya faktor fasilitas untuk anak.

“Dukungan itu berupa adanya ruang terbuka hijau, ruang terbuka ramah lingkungan untuk anak, kemudian fasilitas-fasilitas lainnya sehingga aktivitas anak di Kubu Raya disertai rasa nyaman, aman, terlindungi dari aspek negatif dan mereka dapat menjemput masa depannya dengan keceriaan,” harapnya.(dian)