Description

Penyebab Stunting Ini Harus Dicegah

Petugas Puskesmas sedang melakukan pemeriksaan terhadap anak balita dengan memberkan asupan gizi untuk menecgah stunting
Petugas Puskesmas sedang melakukan pemeriksaan terhadap anak balita dengan memberkan asupan gizi untuk menecgah stunting. Foto: dian

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Minimal ada dua factor penyebab stunting pada balita diantaranya kurangnya asupan gizi dan penyakit menular pada ibu hamil dan bayi maupun balita.

Kepala Bidang Kesehatan dan Masyarakat Dinas Kesehatan Kubu Raya, Wan Iwansyah mengatakan salah satu penyakit menular itu bisa disebabkan kurangnya air bersih yang menyebabkan penyakit diare.

“Diare bisa menghambat nutrisi gizi yang dimakan oleh anak-anak. Sehingga bisa menyebabkan stunting, jadi antara asupan gizi dengan factor Kesehatan lingkungan itu saling mendukung,” ucapnya, Sabtu (23/7).

Baca Juga:

Dikatakannya gagal tidaknya pertumbuhan anak dimulai dari ibu hamil hingga melahirkan dan anaknya berusia dua tahun.

“Ibu hamil itu wajib mendapatkan pelayanan ANC (ante natal care) minimal enam kali selama proses kehamilan. Kemudian dalam pemeriksaan itu ibu hamil mendapatkan 10 T yang terdiri konsuling, cek laboratorium, imunisasi dan pelayanan lainnya,” beber Iwansyah.

Sementara kata ia pada saat kondisi sang ibu sedang hamil sering kali susah makan. Untuk mengatasi hal tersebut, sang ibu hamil disarankan mengkonsumsi tablet tambah darah.

“Minimal 90 tablet selama proses kehamilan. Disamping itu juga memperhatikan makanan lainnya seperti buah, sayur, protein baik dari ikan maupun hewani,” terangnya.(dian)