Description

Keperkasaan Singo Barong Tampil Memukau

Atraksi singo barong menyedot perhatian para penonton saat upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kabupaten Kubu Raya, Minggu (17/7).
Atraksi singo barong menyedot perhatian para penonton saat upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kabupaten Kubu Raya, Minggu (17/7). Foto: Tommy

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Atraksi singo barong menyedot perhatian para penonton saat upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Kabupaten Kubu Raya, Minggu (17/7).

Tampilannya yang memukau membuat penonton yakni para PNS dan masyarakat umum kagum, termasuk diantaranya para undangan dan pejabat yang duduk di kursi VVIP.

Singo barong menjadi salah satu atraksi yang ditampilkan untuk mengisi kirab budaya perwakilan dari Jawa untuk memperingati HUT ke-15 Kabupaten Kubu Raya di halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

“Tentu kami bangga dan senang karena bisa terlibat dalam kegiatan ini. Kami di sini mewakili dari Paguyuban Jawa Kalimantan Barat (PJKB),” kata Ketua Paguyuban Seni Budaya Singo Barong Blora (Satrio Mudo Joyo Super Pegon), Syefudin kepada BerkatnewsTV, Minggu (17/7).

Baca Juga:

Ia sebutkan singo barong merupakan kesenian tradisional asal Blora Provinsi Jawa Tengah. Kendati d tanah perantauan yakni Kabupaten Kubu Raya masih tetap eksis.

“Kesenian budaya ini wajib dilestarikan, kami akan pertahankan warisan leluhur agar turun menurun dapat dijaga dan dipertahankan sehingga bisa lebih dikenal oleh anak – anak muda dan masyarakat yang awam,” ujarnya.

Salah seorang warga Desa Kuala Dua, Anton (35) mengaku kagum penampilan kirab budaya. Ia berharap kesenian tradisional dari masing – masing etnis tetap terus ditampilkan dalam berbagai event di Kubu Raya.

“Perayaan ini bisa dibilang seperti festival budaya maka tak heran masyarakat antusias menyaksikannya,” pungkasnya.(tom)