Description

Rawat Perbedaan, Umat Hindu Jaga Kerukunan Umat Beragama

Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan foto bersama pengurus PHDI Kalbar yang telah dikukuhkan, Senin (11/7).
Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan foto bersama pengurus PHDI Kalbar yang telah dikukuhkan, Senin (11/7).

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Ria Norsan berharap umat Hindu di Kalbar ikut serta menjaga kerukunan umat beragama.

“Dan dapat kontribusi kepada Pemprov Kalbar dalam bentuk pembangunan seperti kerukunan umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan dan Pancasila,” katanya usai pengukuhan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kalbar di Pura Giripati Mulawarman, Senin (11/7).

Menurut Ria Norsan perbedaan beragama merupakan perekat dalam persatuan dan kesatuan. Merawat perbedaan ini, menjadi tugas bersama.

“Mari kita sikapi perbedaan ini dengan arif dan bijaksana, untuk persatuan dan kesatuan,” ajaknya.

Merawat persatuan dan kesatuan sebut Ria Noesan salah satunya saling menghormati satu dengan lainnya. Dengan rasa saling menghargai inilah kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di Kalbar dapat mewujudkan pembangunan yang lebih kuat dan cepat.

Baca Juga:

“Dengan kekuatan rakyat yang sudah bersatu saling menghormati, pembangunan terus berjalan tentunya bermuara kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersyukur umat Hindu telah baik dalam membangun hubungan moderasi umat beragama.

“Apalagi pura inilah sebagai potretnya. Coba kita lihat berdampingingan dengan masjid. Ini sebagai salah satu daya magnet yang juga berdampak terhadap aspek pariwisata religius,” tuturnya.

Muda berharap yang dikedepankan bukan lah isu yang berbeda akan tetapi persamaan yaitu mengejar ketenangan dan kebahagiaan.

“Kalau itu dilakukan maka akan lebih tenang moderasi beragama,” pungkasnya.(rob)