Description

Prajurit TNI Aktualisasikan Makna Berkurban

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban usai salat Iduladha di Makodam XII/ Tpr, Minggu (10/7)
Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban usai salat Iduladha di Makodam XII/ Tpr, Minggu (10/7). Foto: ist (Pendam XII/Tpr)

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Jajaran Kodam XII/Tpr menyiapkan sebanyak 16 ekor hewan kurban terdiri dari 11 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Hewan kurban tersebut berasal dari Pangdam XII/Tpr dan yang berhasil dikumpulkan oleh panitia dari personel Kodam XII/Tpr dan masyarakat.

Penyerahan hewan kurban dilakukan simbolis oleh Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto kepada Kabintaljarahdam XII/Tpr, Kolonel Inf Heru Kuntjoro Pribadi selaku Ketua Panitia Perayaan Idul Adha 1443 Hijriah.

Kepada prajurit, Pangdam mengingatkan empat makna yang terkandung di hari raya Iduladha.

“Pertama, sebagai umat Islam dapat mengikuti keimanan Nabi Ibrahim yang patuh dan taat kepada perintah Allah SWT,” kata Pangdam disela penyerahan usai Salat Iduladha di Makodam XII/ Tpr, Minggu (10/7).

Baca Juga:

Kedua, jadilah seperti sosok Nabi Ismail yang berani berkurban karena keteguhan iman dan baktinya kepada kedua orang tua. Ketiga, dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menyembelih hewan kurban hendaknya melaksanakan tanpa ragu-ragu tulus dan ikhlas.

“Kemudian, keempat memberikan pesan moral yang baik kepada golongan fakir miskin untuk menghilangkan jurang pemisah antara kaya dan miskin,” ujarnya.

Maka Pangdam berharap, makna kurban ini dapat diaktualisasikan oleh seluruh prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr dalam pelaksanaan tugas sehari-hari melalui semangat rela berkorban demi satuan, rakyat dan negara. Serta menumbuhkan kepedulian sosial antar sesama.(rls/tmB)