Description

Meringankan Pembayaran Lewat Arisan Hewan Kurban

Arisan hewan kurban salah satu cara yang dilakukan Pemerintah Desa Teluk Kapuas agar perangkat desa dan masyarakat bisa ikut berkurban pada Idul Adha 1443 H tahun ini
Arisan hewan kurban salah satu cara yang dilakukan Pemerintah Desa Teluk Kapuas agar perangkat desa dan masyarakat bisa ikut berkurban pada Idul Adha 1443 H tahun ini. Foto: Tommy

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Arisan hewan kurban salah satu cara yang dilakukan Pemerintah Desa Teluk Kapuas agar perangkat desa dan masyarakat bisa ikut berkurban pada Idul Adha 1443 H tahun ini.

“Arisan hewan kurban ini untuk meringankan pembayaran bagi perangkat dan masyarakat yang ingin berkurban,” kata Kepala Desa Teluk Kapuas Abdul Halim kepada berkatnewsTV, Jumat (8/7).

Nilai arisan disebutkan Halim sesuai dengan harga hewan kurban yang telah dipesan. Misalnya harga sapi Rp17,5 juta per ekor maka dibagi tujuh orang yang ingin berkurban.

Baca Juga:

“Di Teluk Kapuas untuk harga hewan ternak yang layak kurban yaitu jenis sapi berkisar Rp17 juta per ekor dan kambing mulai dari Rp2,8 juta. Untuk upah petugas pemotong hewan kurban disihkan Rp500 ribu per ekor,” bebernya.

Untuk tahun ini, tambah Halim, jumlah hewan kurban yang akan sembelih sebanyak empat ekor sapi.

“Nantinya daging kurban dibagikan kepada perangkat dan anggota lembaga desa. Koordinator penyembelihan kita tunjuk LPMD,” jelasnya.

Halim memastikan hewan kurban yang dibeli dalam keadaan sehat dan tidak terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku sehingga tidak dilakukan pengecekan kesehatan dan vaksinsasi.

“Program ini diadakan tiap tahun, maka hewan kurbannya juga baru sedikit. Untuk kedepannya akan kita tingkatkan lagi untuk jumlah hewan kurbannya agar penerima dagingnya juga bertambah,” ujarnya.(tom)