Description
LANDAK  

Hari Berkabung Daerah, Bina Pendidikan Kita Ziarah ke Makam Mandor

Para pemuda yang tergabung dalam Bina Pendidikan Kita Kalimantan Barat melakukan ziarah ke Makam Juang Mandor di Kabupaten Landak dalam rangka Hari Berkabung Daerah, Selasa (28/6)
Para pemuda yang tergabung dalam Bina Pendidikan Kita Kalimantan Barat melakukan ziarah ke Makam Juang Mandor di Kabupaten Landak dalam rangka Hari Berkabung Daerah, Selasa (28/6). Foto: Fazar

Landak, BerkatnewsTV. Para pemuda yang tergabung dalam Bina Pendidikan Kita Kalimantan Barat melakukan ziarah ke Makam Juang Mandor di Kabupaten Landak dalam rangka Hari Berkabung Daerah yang diperingati setiap tanggal 28 Juni.

Ketua Bina Pendidikan Kita Kalimantan Barat, Rendi Fahrizal mengatakan, ziarah yang dilakukan untuk menghormati para pejuang yang sudah gugur dalam tragedi mandor berdarah.

“Momentum hari berkabung daerah ini, diharapkan para generasi khususnya kaum muda untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa dengan melakukan kegiatan positif dan bermanfaat bagi orang lain,” tuturnya usai ziarah, Selsa (28/6).

Baca Juga:

Ziarah dibuka dengan upacara penghormatan yang diikuti oleh berbagai kalangan mulai dari pemerintah daerah, aparatur negara, veteran kemerdekaan, organisasi pemuda dan masyarakat umum.

Mandor berdarah ialah peristiwa pembantaian massal yang menurut catatan sejarah terjadi pada 28 juni 1944 oleh penjajah Jepang.

“Menjadi kewajiban kita semua termasuk para pemuda untuk tetap mengenang jasa – jasa para pahlawan Kalbar yang gugur membela dan mempertahankan NKRI,” harapnya.(zar)