Description

PPIH Embarkasi Batam Batalkan Enam Calon Jemaah Haji Kalbar

Calon Jemaah Haji Kalbar yang berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Namun diantaranya batal diberangkatkan lantaran mengidap riwayat penyakit dan hamil saat pemeriksaan di Embarkasi Batam
Calon Jemaah Haji Kalbar yang berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Namun diantaranya batal diberangkatkan lantaran mengidap riwayat penyakit dan hamil saat pemeriksaan di Embarkasi Batam. Foto: ist

Pontianak, BerkatnewsTV. Enam Calon Jemaah Haji (CJH) Kalbar batal berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Keenamnya dinyatakan tidak laik berangkat oleh Tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Pusat di Embarkasi Hang Nadim Batam.

Hasil pemeriksaan, ternyata keenam CJH Kalbar tersebut sedang dalam kondisi hamil, mengidap diabetes dan anemia.

“Terpaksa dipulangkan karena ada yang baru diketahui sedang hamil sehingga suaminya juga turut pulang. Jaga kesehatan sebaik-baiknya, seperti dalam kondisi hamil, sehingga tidak boleh berangkat. Kasihan karena sudah menunggu bertahun-tahun, ibadahnya jadi tertunda,” ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji disela melepas keberangkatan CJH Kalbar, Kamis (16/6).

Baca Juga:

Keenam CJH Kalbar tersebut merupakan kloter I, II dan III yang berangkat dari Pontianak pada Rabu (15/6) kemarin. Mereka diantaranya satu orang dari Ketapang dikarenakan mengidap riwayat hipertensi dan diabetes sehingga mengakibatkan kakinya bengkak dan mengalami infeksi.

“Karena suaminya tidak laik terbang, istrinya juga membatalkan keberangkatan,” tambah Ketua Umum PPIHD Kalbar Harisson.

Kemudian dua dari Kabupaten Kapuas Hulu dimana si istri dinyatakan hamil dengan kandungan berusia 7 minggu saat pemeriksaan menggunakan USG di Batam, maka suaminya juga batal berangkat.

Dan dua orang lagi dari Kota Pontianak yang dinyatakan anemia, Karena istrinya tidak boleh berangkat, maka suaminya tidak juga ikut berangkat.(tmB)