Description

Suhu Panas Capai 35 Derajat. Hotspot 69, Kalbar Rawan Karhutla

Pontianak, BerkatnewsTV. BMKG merilis suhu cuaca di Kalbar mencapai 35 derajat celcius. Tingginya suhu cuaca ini mengakibatkan suhu panas yang dirasakan masyarakat Kalbar selama dua hari terakhir.

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak merilis suhu maksimum harian di Kalbar pada Senin (30/5) hari ini di delapan stasiun yakni terendah 32.2 0C dan tertinggi 35.8 0C.

Di Stasiun Meteorologi Pangsuma Kabupaten Kapuas Hulu suhu mencapai 35.8 0C. Di Stasiun Meteorologi Susilo Kabupaten Sintang suhu mencapai 35.3 0C. Di Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak suhu mencapai 35.2 0C.

Baca Juga :

Di Stasiun Meteorologi Supadio Kabupaten Kubu Raya suhu mencapai 35.0 0C. Di Stasiun Meteorologi Nanga Pinoh Kabupaten Melawi suhu mencapai 34.6 0C. Di Stasiun Meteorologi Rahadi Oesman Kabupaten Ketapang suhu mencapai 34.6 0C.

Di Stasiun Meteorologi Paloh Kabupaten Sambas suhu mencapai 33.8 0C. Di Stasiun Klimatologi Mempawah Kabupaten Mempawah suhu mencapai 33.2 0C.

Tingginya suhu cuaca di musim panas ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini bahayanya Kalbar terjadi karhutla. Apalagi berdasarkan sensor VIIRS dan Modis pada satelit Polar memberikan gambaran telah terjadi Karhutla.

Sebanyak 69 titik panas telah terdeteksi hampir di seluruh wilayah Kalbar. Landak terdeteksi paling banyak berjumlah 16 hotspot. (lihat tabel).(tmB)