Description

FLBN Pelajar Lestarikan Seni Budaya

Pelajar SMP Negeri menampilkan berbagai tarian budaya di Festival Literasi Budaya Nusantara (FLBN).
Pelajar SMP Negeri menampilkan berbagai tarian budaya di Festival Literasi Budaya Nusantara (FLBN). Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Ratusan pelajar SMP Negeri 2 Sui Raya menampilkan berbagai atraksi seni budaya di Festival Literasi Budaya Nusantara (FLBN).

Menurut Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan FLBN ini mampu memberikan energi dan dampak memperkuat akar budaya yang ada di Indonesia.

“Ini merupakan momentum perekat dan bagian dari best practice (praktik baik) dalam literasi budaya yang langsung memberikan dampak dan nilai budaya. Diantaranya, bisa langsung menukik kepada hal-hal yang bisa menimbulkan suatu pemahaman bersama,” katanya disela menyaksikan FLBN di SMP Negeri 2 Sui Raya, Senin (23/5).

Menurut Muda Indonesia ini besar dan memiliki banyak adat dan budaya, sehingga mampu menimbulkan perspektif yang lebih luas lagi khususnya di Kubu Raya.

Baca Juga:

“Dengan FLBN, anak didik bisa menggunakan pakaian adat dengan mengenal budaya yang ada di republik ini. Tak hanya itu, mereka mempelajari dan mengolaborasikan cara berpikir dalam membangun akar budaya yang ada dikalangan pelajar,” terangnya.

Selain itu tambah Muda, FLBN bisa membuat peserta didik mampu membangun team work dan mengorganisir kelas yang juga bisa membangun karakter unggul serta membuat akar budaya bisa dipahami dengan lebih baik lagi.

Muda menyatakan Parade Festival Literasi Budaya Nusantara ini juga akan ditampilkan pada HUT Kubu Raya ke-15 pada 17 Juli mendatang.

“Karena kita sudah dua tahun tidak mengadakanya, saya harap apa yang ditampilkan di SMPN 2 ini akan menjadi model bagi sekolah-sekolah lainnya di Kubu Raya dan model yang dilakukan di SMPN 2 ini bisa direplikasikan di sekolah lain,” harapnya.(rob)