Description

Petugas Gabungan Ramp Check Angkutan Sungai

Petugas gabungan melakukan ramp chek terhadap kapal feri penyeberangan di dermaga Rasau Jaya.
Petugas gabungan melakukan ramp chek terhadap kapal feri penyeberangan di dermaga Rasau Jaya. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Personel gabungan melakukan ramp chek terhadap kapal-kapal angkutan sungai dan penyeberangan di Rasau Jaya.

Kepala Dinas Perhubungan Kubu Raya Odang Prasetyo mengatakan ramp chek melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan kapal maupun driver, nakhoda dan ABK.

“Kapal yang diramp chek seperti kapal klotok, longboat, kapal feri penyeberangan Rasau Jaya – Pinang Luar serta feri Rasau Jaya – Teluk Batang,” ungkapnya, Senin (25/4).

Ia sebutkan, ramp chek melakukan pemeriksaan terhadap kelaikan kapal, administrasi maupun alat kelengkapan keselamatan penumpang.

“Itu semua dalam rangka untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya kecelakaan selama arus mudik lebaran,” jelasnya.

Baca Juga:

Saat ramp chek disebutkan Odang masih ditemukan angkutan sungai yang belum melengkapi alat keselamatan penumpang, seperti pelampung atau APAR.

“Memang terkadang masyarakat merasa enggan dan risih menggunakan alat keselamatan penumpang. Namun, kapal tetap kita imbau menyiapkan. Jika ada yang rusak diganti dengan yang layak,” tuturnya.

Sebab tambah Odang, pihaknya memperkirakan pada H-3 lebaran bakal terjadi lonjakan penumpang.

“Sehingga harus kita antisipasi dari sekarang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Odang memastikan, ramp chek tetap akan berlangsung hingga setelah lebaran.

“Kita ada tiga tim yang akan berkeliling melakukan ramp chek di sejumlah dermaga yang tersebar di beberapa kecamatan di Kubu Raya,” terangnya.

Tim terdiri tim BPTD Kalbar, Dishub Kalbar, Dishub Kubu Raya, TNI/ Polri serta Basarnas.

Sementara untuk di darat disebutkan Odang, telah dilakukan di ALBN Ambawang minggu lalu namun tetap akan terus berlangsung.(rob)