Bupati Kubu Raya didampingi Kepala Dinkes saat meninjau vaksinasi di Sui Raya Dalam.
Bupati Kubu Raya didampingi Kepala Dinkes saat meninjau vaksinasi di Sui Raya Dalam. Foto: ist

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Dinas Kesehatan Kubu Raya mencatat 70 persen warga Penerima Bantuan Iuran (PBI) Daerah hingga kini belum mengikuti vaksin dosis I (pertama).

PBI Daerah merupakan program Jaminan Kesehatan seperti Jamkesda dari Pemkab Kubu Raya untuk masyarakat miskin.

Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya Marijan mengatakan di Kubu Raya Penerima Besaran Iuran (PBI) sebanyak 265 ribuan orang terdiri dari 220 ribuan yang bersumber dari APBN dan 45 ribuan yang bersumber dari APBD Kubu Raya.

“Dari 45 ribuan orang penerima PBI Daerah ini, 70 persen diantaranya belum melakukan vaksin dosis I (pertama),” ungkapnya, Senin (20/12).

Baca Juga:

Jumlah itu disebutkan Marijan lebih banyak berada di kecamatan yang berpenduduk terbesar seperti di Kecamatan Sui Raya, Sui Kakap, Sui Ambawang dan Kubu.

“Jadi, kita pemerintah telah berupaya memberikan reward dan pelayanan maka sepatutnya masyarakat juga ikut mendukung program pemerintah,” harapnya.

Namun disebutkan Marijan, pihaknya tidak bisa menerapkan sanksi tersebut kepada penerima PBI yang bersumber dari APBN karena itu kebijakan dari pemerintah pusat.

“Tergantung pemerintah pusat apakah juga memberikan sanksi yang sama untuk penerima PBI dari pusat agar target pencapaian vaksinasi bisa tercapai,” pungkasnya.(rob)