Description

Pemkab Kubu Raya – Bank Kalbar Perpanjang MoU CMS

Pimpinan Bank Kalbar Cabang Kubu Raya menanda tangani perjanjian kerja perpanjangan kerja sama sistem CMS atau non tunai.
Pimpinan Bank Kalbar Cabang Kubu Raya menanda tangani perjanjian kerja perpanjangan kerja sama sistem CMS atau non tunai. Foto: Robby

Kubu Raya, BerkatnewsTV. Pemkab Kubu Raya dan Bank Kalbar kembali melakukan penguatan kerja sama pembayaran sistem non tunai (Cash Managemen Sistem) yang kerap dikenal dengan singkatan CMS.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan MoU kali ini dilakukan dalam rangka perpanjangan kembali sekaligus penguatan sistem yang sudah berjalan dengan Bank Kalbar.

“Ini kita lakukan perpanjangan kerja sama sekaligus penguatan dan pengembangan dengan berbagai inovasi-inovasi sistem CMS,” jelasnya, usai penanda tanganan MoU, Kamis (9/12).

Pembayaran sistem non tunai (Cash Managemen Sistem) ini disebutkan Muda sudah dilakukan Kubu Raya dua tahun lalu. Dimulai dari keuangan desa yang diwajibkan harus menggunakan non tunai CMS ini dengan nama Siskeudes Online.

Kemudian merambah ke berbagai transaksi pembayaran di semua OPD termasuk gaji pegawai dan ASN di Kubu Raya. Dengan sistem ini menurut Muda, sistem keuangan akan lebih transparan dan akuntabel.

Bahkan, disebutkan Muda sistem CMS ini juga ikut mendukung sistem informasi geospasial yang sekarang ini sedang dijalankan oleh Pemkab Kubu Raya.

Baca Juga:

“Sebab dari situ bisa menavigasi semua pihak yang juga terkoneksi dengan dunia perbankan. Siapa saja yang sudah mendapatkan bantuan dari bank atau belum dan lain sebagainya,” jelasnya.

Pimpinan Bank Kalbar Cabang Kubu Raya Yuse Chaidi Amzar mengatakan MoU ini merupakan tahap kedua kelanjutan tahap pertama yang telah berjalan sejak 2019 -2021.

“Dengan sistem CMS ini tentu untuk mencegah terjadinya transaksi ilegal, mencegah uang palsu dan memudahkan untuk mengontrol keuangan,” jelasnya.

Dan kedepan tambah Yuse akan dikembangkan terus terutama terhadap keuangan desa. Dimana setiap pembayaran tahap I di desa sampai transaksi dalam bentuk interkoneksi CMS.

“Jadi, seluruh transaksi keuangan mulai dari desa maupun OPD di Kubu Raya tidak ada lagi sistem manual namun sudah CMS. Dengan Sistem ini juga mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT),” pungkasnya.(rob)